Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bruno Fernandes dan Nomor 18, Pertanda Loyalitas di Manchester United

Kompas.com - 31/01/2020, 10:39 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Setelah perebutan panjang sejak musim panas 2019, Bruno Fernandes akhirnya resmi berseragam Manchester United.

Manchester United menuntaskan transfer Bruno Fernandes pada Jumat (31/1/2020) dini hari WIB setelah sang gelandang lolos tes medis dan menanda tangani kontrak 5 1/2 tahun.

Kepastian tersebut sekaligus menutup saga transfer Bruno Fernandes dan Manchester United yang menjalar hingga musim panas kemarin.

Mantan kapten Sporting CP tersebut memilih nomor punggung 18 di Manchester United.

Baca juga: Barcelona Mengincar The New Cristiano Ronaldo

Sebenarnya, pemain yang kerap menyumbang gol dan assist dari lapangan tengah ini identik dengan nomor 8 sepanjang kariernya.

Bruno memakai nomor 8 dalam lima dari sembilan tahun ia bermain sebagai pesepak bola profesional.

Pemain berusia 25 tahun tersebut hanya pernah memakai nomor lain ketika di Udinese (7 dan 32), Novara (32), serta Sampdoria (10).

Gelandang serba bisa tersebut tentu saja tak dapat menggunakan nomor punggung 8 musim ini di Manchester United karena sudah menjadi milik Juan Mata sejak playmaker asal Spanyol ini tiba pada 2013-2014.

Baca juga: Kemenangan AC Milan, Persembahan bagi Kobe Bryant dan Keluarga

Menariknya, pemain terbaik Liga Portugal dalam dua tahun terakhir ini juga tak memilih nomor punggung terdekat ke starting eleven.

Nomor 7 yang pernah ia pakai sebenarnya tak bertuan setelah Alexis Sanchez dipinjamkan ke Inter Milan pada awal musim ini.

Nomor 11 masih kosong setelah Anthony Martial bergeser ke nomor 9 sepeninggalan Romelu Lukaku ke Inter Milan.

Pun, nomor 12 juga hampa dengan dipinjamkannya Chris Smalling ke AS Roma. Nomor 16 pun kosong setelah Marcos Rojo dipinjamkan ke Estudiantes.

Bruno Fernandes memilih nomor 18 yang paling mendekati nomor 8 miliknya tetapi juga punya makna kuat di Manchester United.

Nomor 18 identik dengan kesetiaan dan karier panjang di Old Trafford.

Hanya tiga pemain yang pernah memakai nomor punggung tersebut secara permanen sejak Liga Inggris mengharuskan satu nomor terdaftar ke seorang pemain semenjak 1993-1994.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com