Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Akibat yang Timbul dari Perbuatan Zina

Kompas.com - 18/03/2024, 16:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Zina merupakan perbuatan yang wajib dihindari.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), zina adalah perbuatan bersenggama antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh hubungan pernikahan (perkawinan).

Selain itu, zina juga berarti perbuatan bersanggama seorang laki-laki yang terikat perkawinan dengan seorang perempuan yang bukan istrinya, atau seorang perempuan yang terikat perkawinan dengan seorang laki-laki yang bukan suaminya.

Berikut pertanyaan mengenai zina:

Baca juga: 10 Contoh Perilaku Hidup Rukun di Masyarakat

Pertanyaan

Apa akibat yang mungkin timbul akibat perbuatan zina?

Jawab:

Dilansir dari buku Hukum Pidana Islam (2023) oleh Zainuddin Ali, dijelaskan mengenai dampak negatif yang ditimbulkan akibat perbuatan zina, baik terhadap diri, maupun keluarga, dan masyarakat.

Berikut dampak negatif dari perilaku zina:

Baca juga: Pengertian dan Contoh Perilaku Beradab

  • Penyakit kelamin

Penyakit kelamin seperti virus HIV/AIDS, penyakit sifilis, merupakan jenis penyakit yang berjangkit melalui hubungan kelamin.

Di beberapa negara, terutama negara-negara yang menolerir, paling tidak memberikan peluang kepada para warganya melakukan perzinaan, termasuk Indonesia telah dirisaukan dengan isu mewabahnya penyakit kelamin yang membahayakan.

  • Enggan menikah

Perbuatan zina menjadikan seseorang enggan melakukan pernukahan, sehingga dampak negatif akibat keengganan seseorang untuk menikah cukup kompleks, baik terhadap kondisi mental maupun fisik seseorang.

Baca juga: Klasifikasi Perilaku kesehatan

  • Kemesraan berkurang

Kemesraan hubungan berkurang lantaran salah satu pihak yaitu suami atau istri, telah mengadakan hubungan dengan lawan jenisnya bukan suami/istrinya yang sah.

Ketidakpuasan dalam pemenuhan kebutuhan seksual antara suami istri besar kemungkinan menimbulkan ketidakharmonisan hubungan dalam keluarga.

  • Penderitaan moral

Perbuatan zina mempunyai hubungan kuat menjadikan seorang pria atau wanita tidak berketurunan, lantaran menolak kehamilan.

Data statistik menunjukkan bahwa salah satu penyebab korban kematian bayi adalah akibat dibunuh oleh ibunya, lantara ia tidak tahan menderita tekanan moral.

Bahkan, ada di antara wanita yang bunuh diri lantaran hamil, sedangkan ia tidak mempunyai suami.

Itulah penjelasan mengenai beberapa akibat dari perbuatan zina.

Baca juga: 15 Contoh Perilaku Empati dalam Kehidupan Sehari-hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com