Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan ATL dan BTL dalam Marketing: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 09/03/2024, 10:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam dunia pemasaran yang terus berkembang, pemahaman yang mendalam tentang strategi pemasaran merupakan kunci keberhasilan bagi setiap perusahaan.

Salah satu konsep penting yang perlu dipahami adalah perbedaan antara Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) marketing.

Apa penjelasan dan perbedaan dari ATL dan BTL marketing?

Baca juga: Pemasaran Tradisional: Pengertian dan Contohnya

Marketing Above The Line (ATL)

Above The Line (ATL) marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan media massa untuk mencapai audiens secara luas, tanpa mempertimbangkan karakteristik atau kebutuhan individu secara khusus.

Media yang sering digunakan dalam ATL antara lain televisi, radio, surat kabar, dan iklan luar ruang.

Tujuan dari ATL marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan mencapai audiens yang luas.

Kelebihannya yaitu dapat mencapai target pasar besar dengan cepat, namun ATL marketing membutuhkan biaya yang tinggi dan sulit untuk mengukur tingkat efektivitasnya.

Contoh implementasi dari ATL marketing adalah seperti Iklan televisi yang disiarkan secara nasional, iklan radio di stasiun-stasiun besar, dan iklan cetak di surat kabar nasional.

Baca juga: Mengapa Pemasaran Sangat Penting?

Marketing Below The Line (BTL)

BTL marketing adalah pendekatan pemasaran yang lebih spesifik dan langsung, di mana perusahaan berinteraksi secara langsung dengan konsumen melalui kegiatan seperti promosi penjualan, sponsorship, event pameran, dan direct mail.

Tujuan dari BTL marketing adalah untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen secara individual, sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

Kelebihan dari BTL marketing yakni lebih fleksibel dan dapat diukur secara langsung, namun di satu sisi strategi BTL marketing membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai audiens yang besar.

Baca juga: Sponsorship dalam Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Contoh implementasi dari BTL marketing adalah seperti event promosi di pusat perbelanjaan, demonstrasi produk di toko, program loyalty point, dan direct mail kepada pelanggan potensial.

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com