Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bauran Komunikasi Pemasaran: Pengertian dan 5 Bentuknya

Kompas.com - 24/02/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comBauran komunikasi pemasaran digunakan untuk mengomunikasikan serta mempromosikan produk atau merek perusahaan kepada masyarakat.

Dalam bahasa Inggris, bauran komunikasi pemasaran disebut marketing communication mix. Karena pada dasarnya bauran ini merupakan gabungan antara penjualan personal (personal selling), iklan, humas (hubungan masyarakat), promosi penjualan, serta pemasaran langsung.

Pengertian bauran komunikasi pemasaran

Menurut M. Anang Firmansyah dalam buku Komunikasi Pemasaran (2020), bauran komunikasi pemasaran adalah penerapan lima alat promosi utama perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Lima alat promosi utama yang dimaksud ialah iklan, humas, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan penjualan personal.

5 bentuk bauran komunikasi pemasaran

Dikutip dari jurnal Komunikasi Pemasaran Terpadu: Impelementasi untuk UMKM (2014) karya Yustina Chrismardani, berikut penjelasan 5 bentuk bauran komunikasi pemasaran:

Iklan (advertising)

Adalah bentuk presentasi nonpribadi (massal) serta promosi ide, barang, dan jasa dalam media massa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.

Pesan yang disajikan dalam iklan sifatnya membujuk dan menggiring masyarakat untuk tertarik pada produk atau merek yang diiklankan.

Baca juga: Periklanan: Fungsi dan Tujuannya

Penjualan personal (personal selling)

Merupakan interaksi langsung antara tenaga penjual dengan satu atau lebih calon pembeli. Interaksi yang dilakukan, antara lain presentasi, tanya jawab, dan penerimaan pesanan dari calon pembeli.

Personal selling merupakan alat pemasaran yang efektif, terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembelian.

Promosi penjualan (sales promotion)

Dilansir dari jurnal Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran di KSPPS Karisma Kantor Cabang Grabag dalam Meningkatkan Jumlah Anggota (2021) oleh Vina Al Azizah dan Andhatu Achsa, promosi penjualan adalah beragam insentif, potongan, atau pemberian jangka pendek untuk menarik perhatian pelanggan.

Contohnya, potongan diskon, pameran dagang, kupon potongan harga, suvenir, hadiah gratis, dan lain-lain. Sayangnya, efek promosi penjualan hanya terjadi dalam jangka waktu pendek sesuai periode promosinya.

Hubungan masyarakat (public relations)

Adalah salah satu fungsi dalam manajemen yang menjadi perantara perusahaan atau organisasi dengan publiknya.

Salah satu tugas humas adalah menyelenggarakan kegiatan yang ditujukan untuk membangun serta melindungi citra positif perusahaan. Humas juga bertugas untuk mempromosikan perusahaan serta membangun hubungan baik dengan publik internal dan eksternalnya.

Baca juga: Personal Selling: Pengertian dan Tujuannya

Pemasaran langsung (direct marketing)

Bentuk bauran komunikasi pemasaran ini bisa dilakukan lewat surat, telepon, email, atau alat komunikasi lainnya.

Direct marketing dilakukan melalui komunikasi langsung dengan pelanggan. Bertujuan untuk mendapat tanggapan secara langsung dari calon konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com