Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periklanan: Fungsi dan Tujuannya

Kompas.com - 15/12/2021, 11:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPeriklanan ditujukan untuk promosi produk atau jasa. Tanpa periklanan, kegiatan bisnis atau usaha akan sulit bertahan.

Bisa dikatakan, periklanan menjadi salah satu faktor kunci dan penentu keberhasilan usaha. Semakin menarik iklannya, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa.

Dalam Buku Ajar Pengantar Periklanan (2020) karya Finnah Fourqoniah dan Muhammad Fikry Aransyah, periklanan diartikan sebagai salah satu media komunikasi pemasaran yang sering digunakan dalam kegiatan ekonomi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.

Fungsi periklanan

Fungsi periklanan yang paling utama adalah membantu mempromosikan produk atau jasa kepada calon konsumen, dan mendorong mereka untuk membeli atau menggunakannya.

Baca juga: 8 Pengertian Periklanan Menurut Para Ahli

Sebagaimana mengutip dari buku Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual (2018) karya Maria Fitriah, Terence A. Shimp menjabarkan lima fungsi periklanan, yaitu:

Informing (memberi informasi)

Periklanan berfungsi untuk membuat konsumen sadar (aware) terhadap merek baru, dan memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.

Persuading (mempersuasi)

Periklanan yang efektif akan mampu membujuk calon konsumen untuk mencoba produk atau menggunakan jasa yang diiklankan.

Reminding (mengingatkan)

Fungsi periklanan ialah menjaga merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen. Periklanan yang efektif dapat meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada, serta membeli produk atau jasa dari sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.

Adding value (memberi nilai tambah)

Periklanan memberi nilai tambah pada merek dengan memengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang efektif akan membuat merek dipandang lebih elegan, bergaya, bergengsi, serta lebih unggul dari tawaran pesaing.

Assisting (mendampingi)

Fungsi periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi berbagai upaya perusahaan dalam melakukan proses komunikasi pemasaran.

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Tujuan periklanan

Melansir dari buku New Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya (2018) oleh Sampir Andrean Sukoco, berikut tujuan periklanan menurut Kotler dan Armstrong:

Informatif

Tujuan periklanan adalah menginformasikan atau memberitahu produk baru ke pasar. Periklanan juga ditujukan untuk menjelaskan cara kerja produk, menginformasikan perubahan harga, atau membangun merek serta citra perusahaan.

Persuasif

Periklanan bertujuan untuk membangun preferensi merek serta membujuk pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa. Persuasif menjadi tujuan periklanan yang paling diutamakan oleh perusahaan.

Pengingat

Tujuan periklanan ialah memelihara hubungan dengan konsumen, mengingatkan konsumen untuk membeli produk, serta membuat produk atau jasa tetap diingat konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com