Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitokondria: Letak, Struktur, dan Fungsinya

Kompas.com - 23/02/2022, 13:10 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Sel tubuh terdiri dari berbagai macam organel. Organel yang berfungsi untuk pernapasan sel adalah mitokondria. Apa saja fungsi dari mitokondria dan di mana letaknya? Berikut penjelasannya!

Letak mitokondria

Mitokondria adalah organel sel yang terbentuk dari membran. Mitokondria terdapat pada sel apa saja? Mitokondria terletak di hampir semua sel eukariotik. Artinya, mitokondria terletak dalam sel manusia, hewan, dan tumbuhan.

Struktur mitokondria

Dilansir dari Encyclopedia Britannica , memiliki bentuk bulat hingga lonjong mitokondria dengan ukuran berkisar 0,5 hingga 10 mikrometer.

Struktur mitokondria terdiri dari membran ganda yang terbentuk dari membran luar dan membran dalam.

Baca juga: Jenis Organel Sel Beserta Fungsinya

Membran luar

Membran luar merupakan bagian luar yang membungkus mitokondria. Membran luar mitokondria mengandung banyak protein dan enzim.

Membran dalam

Membran dalam adalah struktur lembaran berlipat-lipat yang membentuk bagian dalam mitokondria. Struktur membran dalam yang berlipat-lipat disebut dengan krista. Adapun ruang kosong antara lipatan membran bagian dalam disebut dengan matriks.

Meskipun sebagian besar DNA tersimpan di dalam inti sel, mitokondria memiliki DNA kecilnya sendiri di dalam matriks. DNA mitokondria (mtDNA) diwarisi seorang anak dari DNA ibunya.

Fungsi mitokondria

Mitokondria merupakan salah satu organel yang sangat penting bagi sel. Berikut adalah fungsi mitokondria!

Baca juga: Apa Saja Organel Sel Tumbuhan?

Sintesis ATP

Mitokondria merupakan organel sel yang berfungsi sebagai penghasil energi. Matriks mitokondria merupakan tempat terjadinya respirasi sel yang disebut dengan siklus asam sitrat atau siklus krebs.

Siklus krebs dalam mitokondria menghasilkan energi sebagai produk sampingannya. Energi tersebut berada dakam bentuk adenosine trifosfat atau ATP. Sehingga, mitokondria berfungsi sebagai tempat terjadinya sintesis ATP.

Homeostatis kalsium

Dilansir dari TeachMePhysiology , mitokondria juga berfungsi sebagai penyimpanan kalsium sementara. Sehingga, mitokondria berperan dalam homeostasis kalsium dalam tubuh.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Siklus Krebs Katabolisme Karbohidrat

Memicu apoptosis

Mitokondria juga memiliki caspases yang dapat memicu terjadinya apoptosis. Dilaporkan dari  National Human Genome Research Institute , apoptosis adalah proses kematian sel yang terprogram untuk menghilangkan sel yang tidak mati.

Mitokondria memicu terjadinya apoptosis untuk mencegak perkembangan sel yang tidak diinginkan seperti sel tumor dan kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com