Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Elemen-elemen Musik beserta Penjelasannya

Kompas.com - 05/03/2024, 21:30 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Untuk menciptakan sebuah lagu, kita memerlukan elemen-elemen musik untuk merancangnya.

Ada 10 elemen musik, berikut penjelasannya:

  • Introduction (intro)

Intro adalah pengantar atau awalan dalam sebuah lagu. Intro biasanya hanya ada suara instrumen musik, seperti suara ketukan drum ataupun alat musik lain, dan juga bisa berupa suara awalan dari penyanyi yang bukan dari bagian musik.

Fungsi dari intro adalah untuk memberikan waktu bagi penyanyi sebelum lagu benar-benar dimainkan. 

  • Verse

Verse adalah pengantar sebuah lagu sebelum masuk ke bagian Refrain. Verse juga bisa disebut dengan bait. Fungsi Verse adalah struktur penyambung intro.

  • Refrain (reff)

Reff adalah bagian pada lagu yang yang diulang-ulang dan merupakan bagian utama dalam sebuah lagu. Salah satu fungsi dari refrain adalah menghubungkan dengan pendengar. Refrain yang menarik akan membantu pendengar merasa terikat dan ikut bernyanyi bersama dalam lagu.

  • Interlude

Interlude adalah bagian kosong pada lagu seperti layaknya intro, namun tempatnya berada ditengah-tengah lagu. Fungsi Interlude adalah menggabungkan dua bagian yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Aransemen dalam Seni Musik

  • Outra 

Outra adalah instrumen pada musik pada saat sebuah lagu akan berakhir. Fungsi Outra sendiri adalah memberikan kekuatan pesan yang akan disampaikan dalam sebuah lagu.

  •  Bridge

Bridge adalah jembatan antara bagian-bagian sebuah lagu. Fungsi bridge adalah penghubung antara Verse ke Chorus agar tidak terdengar aneh. Tidak semua lagu menggunakan bridge. Lagu yang sudah menggunakan Refrain biasanya tidak menggunakan Bridge.

  • Chorus

Chorus adalah inti cerita dalam sebuah lagu. Chorus bisa juga diartikan sebagai pengembangan dari bagian Verse. Tidak jarang juga Chorus menjadi bagian yang paling diingat dari sebuah lagu.

  • Modulasi

Modulasi adalah refrain atau chorus yang tiba-tiba bernada lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan cara mengganti satu nada ke nada yang lain.

  • Ending

Ending adalah bagian penutup dari sebuah lagu. Ending berfungsi agar lagu berakhir dengan smooth, tidak berhenti secara mendadak, dan enak didengar. 

  • Coda 

Coda adalah bagian akhir lagu yang berisi nada ataupun syair untuk menutup lagu. Coda biasanya mengambil beberapa lirik dan nada yang sudah ada sebelumnya pada sebuah lagu. 

Baca juga: Pengertian dan Contoh Alat Musik Harmonis, Ritmis, dan Melodis

Sumber:

  • Dr. Udi Utomo, M. (2017). Musik Pendidikan. Semarang: Jurusan Sendratasik, FBS, UNNES.
  • Pujiwiyana. (2009). Elemen-elemen musik & Teknik Permain Musik. Persatuan Drum Band Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com