Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saponifikasi, Reaksi Penyabunan

Kompas.com - 15/02/2024, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

Sumber Thought Co

KOMPAS.comReaksi penyabunan adalah reaksi antara …

  1. Gliserol dan NaOH
  2. Etanol dan NaOH
  3. Asam karboksilat dan NaOH
  4. Gliserida dan NaOH
  5. Gliserol dan asam lemak

Jawabannya adalah d. gliserida dan NaOH. Untuk lebih memahami reaksi penyabunan atau saponifikasi, simaklah penjelasan berikut ini!

Baca juga: Apa itu Senyawa NaOH?

Istilah saponifikasi berasal dari kata Bahasa Latin “sapo” yang berarti sabun. Istilah tersebut merujuk pada saponifikasi yang merupakan reaksi penyabunan atau pembuatan sabun.

Menurut Natalia Prieto Vidal, dkk dalam The Effects of Cold Saponification on the Unsaponified Fatty Acid Composition and Sensory Perception of Commercial Natural Herbal Soaps (2018), saponifikasi adalah proses di mana trigliserida digabungkan dengan basa kuat untuk membentuk garam logam asam lemak selama proses pembuatan sabun.

Sederhananya, saponifikasi adalah proses penyabunan yang mereaksikan antara trigliserida dalam lemak dengan basa.

Baca juga: Daftar Nama Asam-Basa Kuat dan Asam-Basa Lemah

Trigliserida memiliki ikatan ester di dalamnya, sehingga dapat dihidrolisis oleh basa. Basa yang digunakan dapat berupa natrium hidroksida (NaOH) atau kalium hidroksida (KOH).

Menurut S. Lakshmana Prabu, dkk dalam Cleaning Validation and Its Regulatory Aspects in the Pharmaceutical Industry (2015), hidroksida bebas akan memecah ikatan ester antara asam lemak dan gliserol dalam trigliserida, sehingga akan menghasilkan asam lemak bebas dan gliserol yang larut dalam air.

Asam lemak bebas itulah yang disebut sebagai sabun. Sehingga, saponifikasi dapat mengubah lemak menjadi sabun yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Sejarah Sabun: Berawal dari Lemak Hewan

Kekerasan sabun bergantung pada basa yang digunakan. Dilansir dari Thought Co, penggunaan natrium hidroksida (NaOH) akan menghasilkan sabun yang keras.

Sedangkan, penggunaan kalium hidroksida (KOH) akan menghasilkan sabun yang lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com