Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masalah yang Akan Muncul Bila Tidak Ada Listrik

Kompas.com - 14/02/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Listrik diperlukan untuk menghidupkan peralatan listrik yang kita miliki di rumah, seperti kipas angin dan komputer.

Oleh manusia, listrik diperlukan untuk memudahkan proses belajar dan bekerja. Sehingga keberadaan listrik menjadi sangat penting bagi manusia.

Menurut Gatut Susanta dan Sasi Agustoni dalam buku Kiat Hemat Bayar Listrik (2007), listrik adalah sumber energi yang dihantarkan melalui kabel atau alat lainnya.

Secara umum, listrik yang kita gunakan tiap hari dihasilkan oleh batu bara. Namun, kini, banyak masyarakat yang dapat menghasilkan listrik dari energi air dan angin.

Baca juga: Apakah Teknologi Harus Menggunakan Listrik?

Masalah yang akan timbul jika tidak ada listrik

Listrik menjadi salah satu kebutuhan terpenting manusia saat ini. Tanpa listrik, manusia akan sulit beraktivitas, baik itu bekerja atau bersekolah.

Tuliskan tiga masalah yang muncul bila tidak ada listrik

Dilansir dari situs Electrician Courses 4U, salah satu masalah yang akan timbul jika tidak ada listrik, yakni tidak bisa menggunakan dan menghidupkan peralatan elektronik.

Jika tidak ada listrik, kita tidak akan bisa menggunakan kipas angin, AC, komputer, lampu, tidak bisa mengecas handphone serta laptop, dan sebagainya.

Selain itu, akibat tidak ada listrik, yaitu sumber penerangan menjadi berkurang. Akibatnya aktivitas manusia di malam hari menjadi terbatas dan terganggu.

Baca juga: Sejarah Penemuan Listrik AC di Dunia

Masalah yang akan timbul jika tidak ada listrik, yakni kita tidak bisa mengakses internet. Karena internet erat kaitannya dengan listrik.

Akibat lain jika tidak ada listrik adalah komunikasi menjadi terganggu. Selain internet yang mati, tidak adanya listrik juga memengaruhi perangkat elektronik yang digunakan.

Terakhir, tidak adanya listrik akan membatasi aktivitas manusia sehari-hari.

Sebagai contoh, jika ada listrik, manusia bisa beraktivitas di siang dan malam hari. Namun, jika tidak ada listrik, aktivitas manusia di malah hari akan menjadi terbatas.

Kesimpulannya, masalah yang akan timbil jika tidak ada listrik ialah:

  • Tidak bisa menggunakan peralatan elektronik
  • Berkurangnya sumber penerangan
  • Tidak bisa mengakses internet
  • Jaringan komunikasi terganggu
  • Membatasi aktivitas manusia sehari-hari.

Baca juga: 12 Jenis Pembangkit Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com