Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Lingkungan Akibat Pembangunan Pabrik Industri

Kompas.com - 09/02/2024, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comDampak perubahan lingkungan yang terjadi akibat dari pembangunan pabrik-pabrik industri adalah …

  1. Tersedia oksigen yang cukup banyak
  2. Meluasnya area persawahan
  3. Air, udara, dan tanah menjadi tercemah
  4. Menurunnya suhu udara di kota

Jawabannya adalah c. air, udara, dan tanah menjadi tercemar.

Untuk lebih memahami tentang dampak perubahan lingkungan yang terjadi akibat dari pembangunan pabrik-pabrik industri, simaklah penjelasan berikut!

Baca juga: Industri: Pengertian, Kategori, Bahan Baku, dan Macamnya

Dampak perubahan lingkungan yang terjadi akibat dari pembangunan pabrik-pabrik industri adalah:

Pencemaran udara

Menurut Philipp Drager dan Peter Letmathe dalam Value Losses and Environmental Impacts in the Construction Industry – Tradeoffs or Correlates? (2022), kegiatan pembangunan memiliki dampak buruk yang signifikan terhadap lingkungan seperti emisi debu dan gas, polusi suara, tumpukan sampah, dan polusi udara.

Pembangunan pabrik-pabrik industri menyebabkan pencemaran udara karena melepaskan banyak debu, gas, partikulat, nitrogen dan sulfur dioksida ke udara.

Baca juga: Apa Saja Bahaya Kabut Asap bagi Kesehatan Kita?

Polutan udara tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan ketika dihirup. Adapun, oksida nitrogen dan sulfur merusak ozon dan menyebabkan hujan asam.

Selain itu, pembangunan isolasi, pendingin, dan sistem pemadam di industri juga melepaskan polutan berupa gas CFC yang juga merusak lapisan ozon.

Pencemaran tanah dan air

Menurut Simon O. Ametepey dan Samuel K. Ansah dalam Impacts of Construction Activities on the Environment: The Case of Ghana (2015), pembangunan melepaskan polutan yang menyebabkan pencemaran tanah dan air yang serius.

Di mana kerap terjadi tumpahan bahan beracun ke tanah yang akhirnya terbawa ke air dan mencemari reservoar.

Pembangunan pabrik-pabrik industri juga menghasilkan banyak sampah yang kemudian mencemari tanah dan air.

Baca juga: Pencemaran Tanah: Pengertian dan Penyebab

Mendorong pemanasan global

Menurut Sandanayake M. S. dalam Environmental Impacts of Construction in Building Industry—A Review of Knowledge Advances, Gaps andFuture Directions (2022), pembangunan adalah salah satu contributor terbedar dalam masalah lingkungan yang menyebabkan hampir 50 persen emisi karbon global.

Artinya, pembangunan pabrik-pabrik industri juga menghasilkan emisi karbon yang besar. Di mana karbon tersebut adalah gas rumah kaca yang mendorong pemanasan global.

Berkurangnya habitat makhluk hidup

Pabrik-pabrik industri kerap d bangun dengan menggusur habitat makhluk hidup. Belum lagi pencemaran yang dihasilkannya bersifat meluas.

Sehingga, tidak hanya daerah yang dijadikan pabrik yang menjadi habitat hilang. Melainkan, daerah di sekitar pabrik juga tidak bisa dihidupi hewan dan tumbuhan karena pencemaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com