Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Memberikan Suara dalam Proses Demokrasi di Indonesia

Kompas.com - 31/01/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber KPK

KOMPAS.com - Indonesia akan kembali menghadapi pesta demokrasi yang rutin dilaksanakan tiap lima tahun sekali, pada 14 Februari 2024.

Dalam pesta demokrasi tersebut, akan diselenggarakan pemilu (pemilihan umum) presiden dan wakil presiden, serta anggota legilatif.

Sebagai rakyat Indonesia yang baik, dalam pesta demokrasi tersebut, kita harus ambil bagian dan berpartisipasi aktif. Salah satunya dengan memberikan suara.

Apa arti memberikan suara dalam proses demokrasi di Indonesia?

Arti memberikan suara dalam proses demokrasi

Sebelum mengetahui apa arti memberikan suara dalam proses demokrasi di Indonesia. Kita harus tahu dahulu, apa arti proses demokrasi.

Baca juga: Macam-macam Demokrasi dan Penjelasan Singkatnya

Menurut Ani Sri Rahayu dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2017), berikut pengertian demokrasi:

"Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kedaulatan dan kekuasaan tertinggi berada dalam tangan rakyat." 

Berkaitan dengan proses demokrasi, ada yang namanya pesta demokrasi.

Dikutip dari buku Tetaplah Bahagia (2020) oleh Eni Widiastuti, pesta demokrasi adalah agenda lima tahunan yang menentukan masa depan bangsa.

Pesta demokrasi adalah bagian dari agenda politik untuk memiliki pemimpin negara, juga wakil rakyat yang akan duduk di parlemen.

Baca juga: 5 Indikator Demokrasi Menurut Affan Gaffar

Dengan demikian, proses demokrasi artinya agenda yang rutin dilakukan lima tahun, di mana rakyat memilih calon pemimpin serta wakil rakyatnya.

Arti memberikan suara dalam proses demokrasi adalah kita terlibat dalam menentukan siapa penerus pemimpin negara dan wakil rakyat kita.

Satu suara sangat berarti dalam menentukan pemimpin berikutnya. Jangan sampai kita tidak memberikan hak suara atau golput (golongan putih).

Dilansir dari situs KPK, golput artinya tidak mau ikut terlibat dalam proses politik. Sehingga memilih untuk tidak mencoblos atau memberikan hak suaranya.

Apabila kita tidak memberikan hak suara, dikhawatirkan banyak program pemerintah yang tidak bisa direalisasikan.

Baca juga: Apa Itu Arti Luber dalam Pemilu?

Jadi, apa arti memberikan suara dalam proses demokrasi di Indonesia?

Arti memberikan suara dalam proses demokrasi di Indonesia adalah kita ikut terlibat dalam pemilu yang diselenggarkan, untuk memilih calon pemimpin dan wakil rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com