Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Cara Mengonsumsi Tanaman Obat, Seperti Apa?

Kompas.com - 21/01/2024, 21:41 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Terapi herbal sedang populer di kalangan masyarakat karena dinilai sebagai pengobatan yang murah dan mudah di dapat.

Adapun terapi herbal yang dimaksud adalah menggunakan ramuan tanaman yang berkhasiat obat atau konsumsi tanaman obat.

Dilansir dari buku Tanaman Obat Untuk Mengatasi Diabetes Mellitus (2003) oleh Prapti Utami, tanaman obat adalah suatu jenis tanaman yang sebagian, seluruh tanaman, dan atau eksudat (sel) tanaman tersebut digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan.

Baca juga: 6 Hal yang Wajib Diketahui soal Tanaman Obat, Apa Saja?

Manfaat tanaman obat

Dikutip dari buku Tanaman Obat (2023) oleh Dhany Ardyansyah, menurut Kementerian Pertanian, tanaman obat adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat-obatan, kosmetik, dan kesehatan yang dikonsumsi atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang) atau akar.

Berdasarkan buku Tanaman Obat (2021) oleh Rahmad Syukur Siregar, tanaman obat dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan baku obat tradisional dan jamu.

Jika dikonsumsi akan meningkatkan kekebalan tubuh karena tanaman obat ini memiliki sifat yang khusus seperti dalam pencegahan dan promotif dengan melalui kandungan metabolit sekunter.

Sehingga, mengonsumsi jamu bukan berarti dapat menyembuhkan, tetapi lebih mengarah ke pencegahan penyakit dan sebagai kekebalan tubuh, yang akan bermanfaat untuk kesehatan bukan untuk kesembuhan.

Baca juga: Apa Nama Perantara Penyerbukan Tanaman Jagung?

Cara mengonsumsi tanaman obat

Penggunaan tanaman obat sebagai pengobatan dapat dilakukan dengan cara diminum, ditempel, dan dihirup sehingga kegunaannya dapat memenuhi konsep kerja reseptor sel untuk menerima senyawa kimia atau rangsangan.

Tanaman obat yang digunakan sebagai obat memiliki keragaman perkembangbiakan yaitu secara sengaja ditanamn dan tumbuh secara liar.

Tumbuhan tersebut digunakan oleh masyarakat untuk diracik dan disajikan sebagai obat guna penyembuhan penyakit.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan cara mengonsumsi tanaman obat.

Baca juga: Bagaimana Tanaman kapas Digunakan sebagai Sumber Sandang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com