Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tanaman Rhubarb: Fungsi dan Tips Memilih

Kompas.com - 08/11/2023, 05:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rhubarb adalah sekelompok tanaman yang berasal dari genus Rheum pada family Polygonaceae. Mereka termasuk tanaman herbal yang tumbuh tahunan.

Rhubarb atau kelembak masih berkerabat dengan soba serta mempunyai rasa asam.

Rhubarb tumbuh dengan subur di daerah yang mempunyai iklim dingin dan berasal dari China bagian barat, Tibet, Mongolia, Siberia, serta daerah sekitarnya.

Rhubarb mempunyai daun lebar yang agak berbentuk segitiga dengan tangkai yang panjang dan berdaging.

Selain itu, rhubarb memiliki bunga yang kecil dan berkelompok dalam jumlah besar dengan campuran daun putih kehijauan hingga warna merah mawar.

Peran rhubarb secara tradisional adalah sebagai obat. Akar kering rhubarb adalah obat yang populer untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca juga: Contoh Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Fungsi rhubarb

Meskipun rhubarb mempunyai daun yang beracun, berbagai bagian dari tanaman rhubarb mempunyai fungsi kuliner dan obat.

Batang mentah rhubarb terasa renyah, mirip seperti seledri, dengan rasa asam yang kuat. Tangkai tanaman rhubarb sering dimasak dan digunakan dalam kue atau makanan lain untuk menambah rasa asam.

Fungsi utama rhubarb dalam pengobatan tradisional adalah untuk memicu muntah, walaupun juga merupakan astringent yang sifatnya ringan. Perannya di bidang medis menyebabkan akar kering rhubarb mempunyai harga yang tinggi.

Selama ribuan tahun, rhubarb sudah digunakan oleh masyarakat Jepang dan Cina untuk tujuan pengobatan. Di Cina, rhubarb dikenal sebagai penguasa atau raja tumbuhan. Rhubarb dapat digunakan untuk mengobati sembelit dan memperlembut feses.

Dalam dunia botani, rhubarb dianggap sebagai sayur. Akan tetapi, rhubarb paling sering dianggap sebagai buah meskipun jarang dikonsumsi mentah.

Seperti halnya cranberry segar, rhubarb hampir tidak bisa dimakan sendiri, sehingga perlu dilengkapi dengan rasa manis dari madu, gula, atau tambahan jus buah untuk mengimbangi rasa asamnya. Berkatnya, rhubarb juga mendapat julukan “tanaman pie”.

Rhubarb banyak digunakan sebagai bahan produk makanan, termasuk pai, kue, selai, dan roti.

Batang atau tangkai rhubarb berair dan lunak. Dalam kondisi segar, ia berbentuk rata dan tidak tergulung/lemas. Tangkai yang ditarik dapat mengering meski tak terlalu cepat.

Batang yang tampak kemerahan umumnya lebih manis dan kaya zat makanan.

Baca juga: Tanaman Pangan: Pengertian dan Contohnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com