Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Tanaman kapas Digunakan sebagai Sumber Sandang?

Kompas.com - 12/10/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comTanaman kapas digunakan manusia sebagai sumber sandang atau bahan pakaian. Bagaimana tanaman kapas digunakan sebagai sumber sandang? Berikut adalah penjelasannya!

Kapas adalah tumbuhan sumber sandang karena memiliki serat yang dapat diubah menjadi pakaian. Berikut adalah proses pembuatan pakaian dari kapas!

Pemanenan serat kapas

Serat kapas berada dalam biji tumbuhan kapas. Serat kapas terbentuk sejak bunga kapas mekar dan terus memanjang.

Dilansir dari Learn Genetics, pada hari ke 60 serat telah mencapai pertumbuhan maksimal dan sudah kering sehingga siap dipanen.

Baca juga: Pengertian Serat Alam

Sejatinya, setiap serat kapas adalah satu sel. Serat kapas memiliki panjang sekitar lima sentimeter, membuatnya menjadi sel terpanjang yang ada.

Setelah biji terbuka dan serat kapas terlihat, kapas dapat dipanen.

Pengolahan kapas menjadi kain

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sebelum dibuat menjadi kain serat kapas perlu dibersihkan dan digiling untuk memisahkannya dari bijinya.

Serat kapas kemudian disisir sehingga lurus dan menuju arah yang sama. Setelah disisir, serat kapas kemudian dipelintir sehingga membentuk benang panjang.

Baca juga: 10 Jenis Bahan Serat Alam dan Contohnya

Benang dari serat kapas dibuat dalam berbagai ukuran. Benang juga dapat diwarnai untuk mendapatkan warna tertentu.

Untuk menjadi kain, benang harus ditenun. Dilansir dari The Conversation, menenun adalah menyilangkan benang ke atas dan ke bawah dengan pola papan catur.

Setelah ditenun, benang kapas berubah menjadi kain.

Serat kapas yang telah diolah menjadi kain kemudian dapat dibuat menjadi barang sandang. Misalnya, celana, kaus, kemeja, topi, dan juga sepatu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com