Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Manfaat Personal Branding

Kompas.com - 06/04/2024, 13:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Personal branding adalah salah satu aspek yang penting dalam hidup, baik diperoleh sedari dini maupun saat dewasa.

Lalu, apa itu personal branding dan apa saja keunggulan atau manfaatnya?

Baca juga: Kepribadian Koleris : Karakter, Kelebihan, dan Kekurangan

Pengertian

Dilansir dari buku Penguatan Personal Branding Lembaga melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (2023) oleh Zulkhan Adhi Rahman, dijelaskan mengenai pengertian personal branding.

Personal branding didefinisikan sebagai sebuah persepsi atau emosi yang dijaga oleh diri sendiri dan bukan dari orang lain, mempengaruhi bagaimana individu lain memandang Anda, tentang bagaimana orang lain memandang nilai apa yang kita miliki, menciptakan harapan dan asosiasi dalam pikiran khalayak.

Selain itu, personal branding merupakan sebuah refleksi tentang siapa diri kita dan apa yang kita percayai, serta diapresiasikan dengan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita melakukannya.

Baca juga: Personal Branding: Definisi, Tujuan, dan Strateginya

Personal branding juga dapat didefinisikan sebagai suatu gambaran mengenai diri sendiri yang diinginkan dalam semua kegiatan yang dilakukan.

Sementara, dikutip dari buku Efektivitas Content Creator dalam Pengembangan Personal Branding (2023) oleh Santosa, personal branding berasal dari bahasa Inggris yaitu personal yang memiliki arti pribadi, dan branding memiliki arti membentuk brand atau merek.

Sehingga personal branding dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan seseorang dalam menciptakan sebuah personal brand.

Pada dunia usaha, brand diartikan sebagai pandangan atau emosi dari calon pembeli yang terbentuk melalui berbagai macam pengalaman pembeli terhadap suatu produk.

Jadi, personal branding adalah sebuah pandangan dan emosi yang dimiliki seseorang pada diri orang tersebut yang mengartikan secara keseluruhan pengalaman dalam hubungan interpersonal tersebut.

Pengertian lainnya tentang personal branding adalah sumber daya yang dimiliki pada setiap individu yang dapat diolah dan dikembangkan dan faktor penentu utama dalam keberhasilannya adalah sumber daya itu sendiri.

Baca juga: 7 Manfaat Personal Branding beserta Pengertiannya

Manfaat

Dilansir dari buku Sukses Personal Branding (2023) oleh Tri Nurhayati, personal branding penting dan bisa mengubah takdir.

Setiap orang perlu menjual nilai diri untuk mendapatkan panggung aktualisasi diri. Baik pebisnis, motivator, politikus, atau influencer harus memiliki personal branding untuk membangun citra positif.

Citra positif akan menciptakan persepsi masyarakat terhadap diri kita sebagai orang yang profesional dalam bidang yang spesifik sehingga kepercayaan akan timbul.

Baca juga: 15 Karakter yang Harus Dihindari oleh Seorang Wirausaha

Kepercayaan dari masyarakat menjadi modal transaksi jual-beli dalam berbagai hubungan timbal balik yang kita harapkan.

Agar Anda bersemangat membangun personal branding, ada baiknya Anda mengetahui manfaat personal branding.

Manfaat ini tak hanya dirasakan sekarang, tapi juga dalam jangka panjang.

Kerja keras Anda membangun personal branding akan terbayar lunas saat Anda sudah merasakan manfaat dari personal branding.

Itulah pengertian dan manfaat dari personal branding.

Baca juga: Kepribadian Melankolis: Karakter, Kelebihan, dan Kekurangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com