Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kendala yang Sering Dihadapi Wirausahawan, Apa Saja?

Kompas.com - 19/01/2024, 17:31 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com- Istilah kewirausahaan, kata dasarnya berasal dari terjemahan entrepreneur, yang dalam bahasa Inggris terkenal dengan between taker atau go between.

Dilansir dari buku Kewirausahaan (2020) oleh Rina Rachmawati, kewirausahaan adalah kemampuan dan kemauan seorang untuk berisiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.

Pada hakikatnya, kewirausahaan adalah sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif dalam dunia nyata secara kreatif.

Sementara, wirausaha adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri.

Baca juga: Pentingnya Etika Bisnis dalam Wirausaha

Kendala wirausaha

Dikutip dari buku Kewirausahaan dari Industry 4.0 Menuju Society 5.0 (2021) oleh Muhamad Toyib Daulay, ada beberapa kendala yang sering dialami oleh wirausahawan. Berikut rinciannya:

Tidak ada ide

Pada tahap ini, calon wirausaha jarang bisa mandiri. Mereka biasanya pertama kali melihat contoh jenis bisnis yang sukses.

Padahal, menjadi wirausaha adalah tentang bagaimana menjadi orang yang mandiri.

Kepribadian siap berbeda dari arus utama yang ada. Bukan pengikut.

Baca juga: 4 Contoh Keragaman Wirausaha

Kendala modal

Namun ternyata menjadi salah satu kendala bagi calon pengusaha. Sekali lagi mereka tidak menyadari bahwa modal utama terbesar adalah dirinya sendiri.

Ini adalah sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sama sekali.

Takut gagal

Kegagalan bukanlah hal yang relatif dalam dunia bisnis. 

Ini adalah kemutlakan yang pasti akan menimpa siapa saja yang berprofesi sebagai pengusaha. Jadi, memikirkan ini tidak berguna.

Baca juga: 8 Tipe Wirausaha yang Perlu Diketahui

Kurangnya relasi

Pikiran ini biasanya muncul belakangan.

Setelah cukup percaya diri dengan segala persiapannya, sang calon wirausahawan kehilangan motivasinya lagi ketika membicarakan soal relasi.

Padahal, inilah yang harus dicari seorang pengusaha. Mereka harus membangun hubungan bisnis mereka sendiri. Alih-alih memanfaatkan hubungan yang tersedia sebelumnya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian wirausaha dan kendala yang sering terjadi pada mereka.

Baca juga: 15 Karakter yang Harus Dihindari oleh Seorang Wirausaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com