Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Kompas.com - 20/09/2023, 04:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Permasalahan mengenai limbah menjadi persoalan yang seperti tidak ada habisnya. Semakin tingginya peningkatan jumlah penduduk dan semakin tingginya aktivitas industri dapat menyebabkan limbah yang tercipta semakin banyak.

Namun, wirausaha kerajinan bahan limbah, yang berisikan orang-orang kreatif, mampu menjadikan permasalahan tersebut sebagai pelung bisnis.

Mari mengenal lebih dalam mengenai wirausaha kerajinan bahan limbah.

Pengertian wirausaha kerajinan bahan limbah

Wirausaha atau yang bisa disebut dengan wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Kerajinan adalah barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Sedangkan, limbah adalah sisa proses produksi atau bahan yang sudah tidak memiliki nilai lagi.

Maka, wirausaha kerajinan bahan limbah merupakan kegiatan usaha dalam menciptakan produk baru melalui keterampilan tangan dengan menggunakan bahan yang sudah tidak memiliki nilai.

Selain itu, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah kegiatan usaha yang memanfaatkan limbah sebagai bahan baku pembuat kerajinan. Limbah yang dimaksud dapat berupa limbah industri baru maupun limbah industri.

Bahan limbah tersebut dibuat menjadi suatu produk kerajinan yang bernilai ekonomis.

Baca juga: 3 Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras beserta Contohnya

Fungsi wirausaha kerajinan bahan limbah

Wirausaha kerajinan bahan limbah berfungsi untuk mengurangi jumlah limbah yang ada di masyarakat.

Selain itu, wirausaha kerajinan bahan limbah merupakan bisnis kreatif yang tidak hanya berfungsi dalam meningkatkan kreativitas pelaku usaha, namun juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Hal tersebut dikarenakan kegiatan usaha ini dapat dijalankan hanya dengan modal yang relatif kecil.

Manfaat wirausaha kerajinan bahan limbah

Wirausaha kerajinan bahan limbah memiliki manfaat dalam mengurangi dua masalah nasional, yaitu masalah pencemaran lingkungan dan masalah pengangguran.

Berikut penjelasannya:

  • Mengurangi masalah pencemaran lingkungan

Pemanfaatan limbah menjadi bahan baku kerajinan adalah kegiatan yang dapat mengurangi (reduce) jumlah limbah, menggunakan (reuse) dan mendaur ulang (recycle) limbah menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis.

Oleh karenanya, wirausaha kerajinan bahan limbah bermanfaat untuk mengurangi masalah pencemaran lingkungan akibat limbah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com