Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Internasional: Pengertian dan Tujuannya

Kompas.com - 16/01/2024, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antarnegara atau secara internasional.

Tiap negara di dunia tidak ada yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Karena itulah, diperlukan perdagangan internasional.

Pengertian perdagangan internasional

Menurut Eddie Rinaldy, dkk dalam buku Perdagangan Internasional (2021), perdagangan internasional sering juga disebut perdagangan atau bisnis luar negeri.

Banyak pemerintah di berbagai negara yang membutuhkan perdagangan internasional, karena sangat berdampak pada perekonomian nasional dan luar negeri.

Jelaskan pengertian perdagangan internasional

Baca juga: 5 Faktor yang Mendorong Perdagangan Internasional

Dikutip dari buku Langkah Awal Memahami Hukum Perdagangan Internasional dalam Era Globalisasi (2019) oleh Venantia Sri Hadiarianti, berikut pengertian perdagangan internasional:

"Perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang melibatkan dua negara atau lebih, untuk memperoleh keuntungan."

Pengertian perdagangan internasional adalah hubungan peniagaan antara dua negara atau lebih, yang secara garis besar dilakukan lewat impor dan ekspor.

Salah satu ciri perdagangan internasional, yakni harga barang atau jasanya disesuaikan dengan standar atau kesepakatan internasional.

Kesimpulannya, pengertian perdagangan internasional adalah perdagangan antara dua negara atau lebih, secara impor dan ekspor, untuk memperoleh keuntungan.

Baca juga: 4 Hambatan dalam Perdagangan Internasional

Tujuan perdagangan internasional

Pengertian perdagangan internasional adalah perdagangan antarnegara yang bertujuan meningkatkan keuntungan. Salah satu tujuan perdagangan internasional adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi.Freepik Pengertian perdagangan internasional adalah perdagangan antarnegara yang bertujuan meningkatkan keuntungan. Salah satu tujuan perdagangan internasional adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dilansir dari Buku Ajar Ekonomi Internasional (2023), salah satu tujuan perdagangan internasional adalah meningkatkan devisa negara. 

Selain itu, tujuan perdagangan internasional lainnya, yaitu:

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
  • Memengaruhi stabilitas harga dalam negeri
  • Meningkatkan efisiensi tenaga kerja
  • Memenuhi kebutuhan negara lain
  • Melakukan transfer teknologi modern
  • Mengembangkan target pasar dalam negeri.

Dalam buku Pengantar Bisnis Internasional (2023) karya Hardiyono, dituliskan bahwa tujuan perdagangan internasional yang tak kalah penting ialah memajukan kesejahteraan rakyat.

Ketika devisa atau pendapatan negara meningkat, hal ini diharapkan mampu memakmurkan bahkan memajukan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Ruang Lingkup Perdagangan Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com