Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Tendangan T dalam Pencak Silat?

Kompas.com - 11/01/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pencak silat adalah hasil budaya manusia yang diperuntukkan guna membela, menjaga, dan mempertahankan eksistensi diri.

Dikutip dari buku Pencak Silat (2021) oleh Juli Candra, pencak silat adalah olahraga bela diri asli Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun.

Sejatinya, pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia yang wajib dilestarikan juga dikembangkan.

Salah satu teknik tendangan dalam pencak silat adalah tendangan T. Apa yang dimaksud dengan tendangan T dalam pencak silat?

Tendangan T pencak silat

Ilustrasi pencak silat.  Ini asalan munculnya julukan Kota Madiun sebagai Kota Pendekar.Pexels/RDNE Stock project Ilustrasi pencak silat. Ini asalan munculnya julukan Kota Madiun sebagai Kota Pendekar.

Menurut O'ong Maryono dalam buku Pencak Silat untuk Generasi Penerus (2017), tendangan T termasuk dalam tendangan samping.

Baca juga: Mengenal 10 Teknik Dasar Pencak Silat

Tendangan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung tujuannya. Apakah tendangan tersebut dilakukan untuk menyerang atau sekadar menangkis.

Peruntukan tendangan ini juga sangat bergantung pada sasaran maupun posisi tubuh awal pesilatnya, yakni dari bawah atau atas.

Tendangan T dalam pencak silat adalah tendangan yang memanfaatkan sebelah kaki dan tungkai, di mana lintasannya lurus ke depan.

Lazimnya tendangan ini digunakan untuk serangan samping. Sasarannya pun seluruh bagian tubuh lawan.

Teknik tendangan T pencak silat dilakukan dengan posisi tubuh menyamping. Usahakan untuk membuat lintasan tendangan lurus menyamping atau membentuk huruf T.

Baca juga: Sikap Berdiri dalam Bela Diri Pencak Silat

Walau semua bagian tubuh lawan bisa menjadi sasaran, umumnya tendangan T dalam pencak silat menyasar bagian tajam telapak kaki.

Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa tendangan T dalam pencak silat dilakukan dengan menyamping, dan menyasar bagian tubuh lawan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan tendangan T dalam pencak silat?

Tendangan T pencak silat adalah tendangan menyamping yang dilakukan, baik untuk menyerang atau menangkis serangan lawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com