Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bentuk Komunikasi Kesehatan

Kompas.com - 22/12/2023, 04:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Komunikasi kesehatan adalah usaha sistematis yang berpengaruh secara positif pada perilaku kesehatan masyarakat dengan menggunakan berbagai prinsip dan metode komunikasi.

Berikut bentuk komunikasi kesehatan dalam kegiatan keseharian tenaga kesehatan:

Komunikasi kesehatan dengan pasien

Komunikasi kesehatan dengan pasien mencakup informasi yang berhubungan dengan kondisi kesehatan individu, informasi bagaimana memaksimalkan perawatan, serta bagaimana pemberian terapi.

Komunikasi kesehatan pada pasien lebih bersifat terapeutik (memfasilitasi proses penyembuhan).

Komunikasi kesehatan terapeutik bisa membantu pasien mengurangi beban perasaan dan pikiran serta membantu pasien mengambil tindakan guna mengubah situasi yang ada jika diperlukan.

Komunikasi tersebut juga membantu mengurangi keraguan pasien dan membantu pasien menentukan tindakan yang efektif.

Baca juga: Tujuan Komunikasi Kesehatan

Komunikasi kesehatan dengan pihak keluarga

Komunikasi kesehatan dengan pihak keluarga juga perlu diperhatikan. Komunikasi kesehatan dengan pasien dan pihak keluarga adalah bagian penting dalam perawatan dan pengobatan.

Komunikasi yang efektif adalah sesuatu yang esensial karena pasien bisa memahami keadaannya sendiri dan pihak keluarga bisa memahami keadaan anggota keluarganya yang sakit.

Informasi yang tepat mengenai serangkaian kegiatan perawatan dan terapi pengobatan kepada pasien sangat perlu untuk disampaikan kepada anggota keluarganya.

Hal ini dilakukan guna mencegah atau mengurangi kemunculan reaksi emosional dan psikologis dari anggota keluarga yang sakit ataupun keluarga yang lainnya.

Selain itu, anggota keluarga yang sakit atau anggota keluarga lainnya diharapkan tidak menolak dan menghindar dari serangkaian kegiatan dan terapi pengobatan karena takut atau cemas.

Baca juga: Literasi Kesehatan: Pengertian dan Tingkatan

Komunikasi kesehatan untuk masyarakat

Bentuk komunikasi kesehatan untuk masyarakat lebih mengarah pada promosi kesehatan.

Promosi kesehatan tidak hanya sebagai proses penyadaran masyarakat dalam hal pemberian dan peningkatan pengetahuan dalam bidang kesehatan.

Akan tetapi, promosi kesehatan juga merupakan program kesehatan yang dirancang untuk membawa perbaikan berupa perubahan perilaku, baik di dalam masyarakat ataupun lingkungan organisasi.

Baca juga: 25 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi, Apa Saja?

 

Referensi:

  • Rohani, T., Diniarti, F., & Umami, D. A., (2022). Komunikasi Kesehatan. Penerbit NEM.
  • Pertiwi, M. R., Wardhani, A., Raziansyah, K., Firsty, L., Febriana, A., Sitanggang, Y. A., Maria, D., Anggraeni, W., Fuady, I., & Arnianti. (2022). Komunikasi Terapeutik dalam Kesehatan. Rizmedia Pustaka Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com