Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dasar-dasar Etika Komunikasi Publik

Kompas.com - 20/12/2023, 03:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dasar-dasar etika komunikasi publik adalah seperangkat prinsip dan nilai-nilai moral yang mengatur perilaku komunikasi dalam konteks publik.

Bagaimana etika komunikasi publik?

Etika komunikasi publik melibatkan penggunaan komunikasi secara bertanggung jawab, adil, jujur, serta menghormati kepentingan masyarakat.

Oleh karenanya, etika komunikasi publik mencakup prinsip-prinsip seperti tanggung jawab, integritas, kejujuran, penghormatan, dan mempromosikan nilai-nilai yang baik.

Etika komunikasi publik juga mencakup hal-hal seperti memastikan bahwa informasi telah akurat, mencegah manipulasi informasi, serta mempertimbangkan bagaimana pesan yang disampaikan memiliki dampak sosial.

Baca juga: Komunikasi Publik: Pengertian dan Cirinya

Berikut penjelasan mengenai dasar-dasar etika komunikasi publik yang umum diterapkan:

  • Keterbukaan dan kejujuran

Komunikator publik harus memiliki komitmen untuk memberikan informasi yang transparan, jujur, serta akurat kepada masyarakat.

Komunikator publik juga harus menghindari penyebaran berita palsu atau manipulatif yang bisa merugikan kepentingan publik.

Etika komunikasi publik menghargai privasi individu dan kelompok serta mengikuti kebijakan perlindungan data yang berlaku.

Komunikator harus menghormati hak privasi orang lain dan menghindari pengungkapan informasi pribadi tanpa izin yang sah.

  • Menghormati keanekaragaman dan inklusivitas

Komunikasi publik harus menghormati keberagaman budaya, pendapat, serta latar belakang individu dalam masyarakat.

Oleh karenanya, komunikator harus berupaya untuk memastikan bahwa semua suara didengar dan dihormati, tanpa adanya bias atau diskriminasi.

Baca juga: 7 Prinsip Etika Komunikasi

  • Pertimbangan terhadap dampak sosial

Komunikator publik harus mempertimbangkan dampak sosial dari pesan yang ia sampaikan. Selain itu, komunikator publik juga harus berhati-hati supaya tidak menyebabkan kerugian, ketakutan, atau konflik yang tak perlu dalam masyarakat.

Komunikator publik mempunyai tanggung jawab profesional untuk mematuhi standar etika beserta prinsip-prinsip komunikasi yang baik.

Para komunikator publik harus menjaga integritas, bertindak secara bertanggung jawab kepada masyarakat, dan menghindari konflik kepentingan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com