Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet-planet yang Memiliki Ukuran Besar

Kompas.com - 13/12/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ada delapan planet dalam tata surya dengan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa planet memiliki ukuran besar dan yang lainnya berukuran lebih kecil. Planet planet yang memiliki ukuran besar adalah Jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

Jupiter

Planet yang memiliki ukuran besar sekaligus planet terbesar ditata surya adalah Jupiter.

Raksasa gas Jupiter memiliki diameter sekitar 143.000 kilometer. Artinya, diameter Jupiter sekitar 11 kali lebih besar daripada bumi.

Baca juga: Jupiter, Planet Raksasa di Tata Surya

Jupiter juga memiliki luas permukaan 11 kali lebih besar daripada permukaan bumi, yaitu sektar 6,22 × 10^10 kilometer.

Dilansir dari Universe Today, Jupiter juga memiliki volume sekitar 1,43 × 10^15 kolometer persegi. Dengan volume sebesar itu, Jupiter dapat menampung 1.321 bumi di dalamnya.

Saturnus

Planet yang memiliki ukuran besar selanjutnya adalah saturnus.

Dilansir dari NASA Science, saturnus adalah planet terbesar kedua dengan diameter sekitar 116.464 kilometer atau setara dengan sembilan kali diameter bumi.

Adapun, saturnus memiliki volume sebesar 8,27 × 10^14 kilometer kubik. Artinya, saturnus dapat menampung sekitar 764 planet seukuran bumi di dalamnya.

Baca juga: Saturnus, Planet Bercincin yang Indah

Uranus

Panet yang memiliki ukuran besar selanjutnya adalah uranus. Dilansir dari Space, uranus memiliki diameter sekitar 51.584 kilometer.

Dengan ukuran tersebut, uranus berukuran empat kali lebih besar dari bumi. Adapun, uranus memiliki volume yang sangat besar karena merupakan raksasa es dan gas.

Uranus memiliki volume sekitar 6,83 × 10^13 kilometer kubik. Artinya, uranus dapat menampung sekitar 63 planet sebesar bumi di dalamnya.

Baca juga: Uranus, Planet Petualang Misterius

Neptunus

Planet berukuran besar yang terakhir adalah neptunus. Neptunus memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil daripada uranus, yaitu dengan diameter sekitar 49.244.

Neptunus juga memiliki volume sekitar 6,35 × 10^13 kilometer yang membuatnya dapat menampung 57,7 planet seukuran bumi di dalamnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com