Kompas.com - 08/02/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Kita hidup dalam suatu sistem tata surya di mana Matahari adalah pusat dan delapan planet mengelilinya.

Dari delapan planet dalam tata surya, ada satu planet yang dijuluki sebagai planet petualang misterius. Tahukah kamu planet apa itu dan apakah alasannya punya julukan itu? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak penjelasa di bawah ini!

Planet Petualang Misterius Uranus

Dilansir dari NASA Solar System Exploration, Uranus adalah planet terdekat ketujuh dari Matahari dengan jarak sekitar 2,9 miliar kilometer dari Matahari, hampir 19 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Matahari.

Uranus dikatakan sebagai planet misterius karena pergerakkannya yang sangat tidak normal.

Baca juga: Mengapa Merkurius dan Venus Tidak Memiliki Satelit Alami?

Pergerakan dan Orbit

www.jpl.nasa.gov Sudut revolusi planet-planet di Tata Surya

Saat semua planet dalam tata surya bergerak dengan berotasi secara horizontal sembari mengelilingi Matahari, Uranus malah terlihat seperti bola yang menggelinding mengelilingi Matahari.

Pergerakkan inilah yang membuat Uranus dijuluki planet misterius yang berbeda dengan planet lain dalam tata surya.

Modern ini ditemukan bahwa Uranus dulunya bergerak dengan normal seperti planet lain. Dilansir dari Space, Uranus ditabrak oleh batu seukuran Bumi, menghantamnya sangat kencang sehingga Uranus menjadi miring 98 derajat seperti sekarang.

Setelah tabrakan tersebut Uranus tetaplah miring dan serpihan hasil tabrakkannya menghasilkan satelit alami (bulan) Uranus.

Alasan mengapa Uranus menggelinding mengelilingi Matahari seperti sekarang adalah karena dia dihantam benda langit yang sangat besar.

Jadi, Uranus bukanlah planet yang nakal karena bergerak seenaknya, melainkan hanya korban kecelakaan dalam tata surya.

Jarak yang jauh dari Matahari menjadikkan orbit Uranus sangatlah panjang. Hal ini mengakibatkan kala revolusi yang juga sangat panjang di mana 1 tahun di Uranus sama dengan 84 tahun di Bumi. Dengan 1 hari di Uranus setara dengan anya 17 jam di Bumi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.