Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Syarat agar Terjadi Interaksi Sosial

Kompas.com - 12/12/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Interaksi sosial adalah pertemuan antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok untuk menciptakan sebuah relasi atau hubungan.

Pada prinsipnya, proses interaksi sosial tidak bisa terjadi begitu saja. Setidaknya ada dua syarat terjadinya interaksi sosial.

Jelaskan syarat agar terjadi interaksi sosial

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dua syarat interaksi sosial adalah kontak sosial serta komunikasi.

Berikut penjelasannya:

Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan Materi Interaksi Sosial

Kontak sosial

Menurut Retno Twistiandayani dan Khoiroh Umah dalam buku Terapi Wicara dan Social Stories pada Interaksi Sosial Anak Autis (2022), interaksi sosial terjadi saat kontak sosial berlangsung.

Kontak sosial adalah aksi individu atau kelompok yang bermakna bagi pelakunya, kemudian ditangkap oleh kelompok atau individu lainnya secara fisik.

Syarat terjadinya interaksi sosial ini berlangsung secara fisik, sehingga melibatkan hubungan fisikal tanpa harus bersentuhan langsung.

Contoh kontak sosial primer, yakni berbicara tatap muka, berdialog, dan berdiskusi. Sedangkan contoh kontak sosial sekunder adalah mengirim email dan SMS.

Sebagai sebuah syarat, kontak sosial sangat mendukung terjadinya interaksi sosial, utamanya dengan saling memahami asal-usul bangsa, agama, budaya, dan bahasa.

Baca juga: Kontak Sosial: Pengertian dan Contohnya

Komunikasi sosial

Selain kontak sosial, interaksi sosial terjadi saat komunikasi sosial berlangsung.

Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan antarsejumlah pihak, agar terjadi hubungan saling memengaruhi antarkeduanya.

Pada dasarnya, komunikasi sosial adalah cara meningkatkan interaksi sosial secara asimilasi dan asosiatif.

Sama seperti kontak sosial, syarat interaksi sosial ini bisa terjadi secara langsung maupun tidak.

Misal, berkomunikasi secara tatap muka dan berkomunikasi lewat video call atau telepon genggam.

Baik kontak sosial maupun komunikasi sosial, kedua syarat terjadinya interaksi sosial ini sangat berpengaruh dan berdampak bagi kehidupan.

Baca juga: Komunikasi: Pengertian dan Unsurnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com