Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontak Sosial: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 18/07/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kontak sosial menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan dalam menjalin interaksi sosial di masyarakat.

Saat dua atau lebih individu menjalin kontak sosial dan melakukan hubungan timbal balik, di situlah interaksi sosial berlangsung.

Apa itu kontak sosial?

Pengertian kontak sosial

Presiden AS Joe Biden (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) saat mereka menghadiri konferensi pers bersama di Kyiv, pada 20 Februari 2023. Presiden AS Joe Biden menjanjikan peningkatan pengiriman senjata untuk Ukraina saat kunjungan mendadak ke Kyiv pada 20 Februari 2023. Dia juga bersumpah komitmen terus-menerus Washington dalam mempertahankan integritas teritorial Ukraina. AFP/DIMITAR DILKOFF Presiden AS Joe Biden (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) saat mereka menghadiri konferensi pers bersama di Kyiv, pada 20 Februari 2023. Presiden AS Joe Biden menjanjikan peningkatan pengiriman senjata untuk Ukraina saat kunjungan mendadak ke Kyiv pada 20 Februari 2023. Dia juga bersumpah komitmen terus-menerus Washington dalam mempertahankan integritas teritorial Ukraina.

Menurut Tety Suparti, dkk dalam buku Sosiologi Pendidikan (2023), kontak sosial adalah tindakan individu atau kelompok yang mendapat tanggapan dari pihak lain.

Sama seperti interaksi sosial, kontak sosial bisa berlangsung antarindividu, individu dengan kelompok, juga antarkelompok.

Dikutip dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi (2020) oleh Elly M. Setiadi, secara etimologis, istilah kontak sosial datang dari bahasa Latin cum atau con dan tangere.

Baca juga: Pengertian Kontak Sosial Primer dan Sekunder

Cum atau con artinya bersama-sama. Sedangkan tangere berarti menyentuh. Jadi, secara etimologis, kontak sosial adalah bersama-sama menyentuh.

Dilansir dari buku Sosiologi Pedesaan (2022) karya Sriyana, berikut pengertian kontak sosial:

"Kontak sosial adalah hubungan tiap pihak yang saling berinteraksi, baik itu berbicara, tatap muka, maupun bersalaman."

Dalam sosiologi, kontak sosial tidak hanya terjadi secara langsung, melainkan juga dengan bantuan alat, seperti surat, radio, dan telepon.

Kesimpulannya, kontak sosial adalah interaksi di antara individu maupun kelompok yang terjadi secara timbal balik.

Pengertian kontak sosial lainnya adalah interaksi antarindividu dan kelompok, baik secara langsung maupun tidak, yang saling memberi dan mendapat tanggapan.

Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh kontak sosial

Pemain Barito Putera bayu Pradana sedang berdiskusi dengan panitia Turnamen Bayu Pradana Cup 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 29 April sampai 14 Mei 2023 di Lapangan Desa Patemon, Kecamatan Tengaran Salatiga, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.Dokumentasi Pribadi Pemain Barito Putera bayu Pradana sedang berdiskusi dengan panitia Turnamen Bayu Pradana Cup 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 29 April sampai 14 Mei 2023 di Lapangan Desa Patemon, Kecamatan Tengaran Salatiga, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ada dua jenis kontak sosial, yakni kontak sosial primer dan sekunder.

Kontak sosial primer berarti secara langsung. Sedangkan kontak sosial sekunder membutuhkan perantara.

Contoh kontak sosial primer ialah berjabat tangan, berpelukan, berbicara, bertatap muka, berdialog, dan berdiskusi.

Sementara itu, contoh kontak sosial sekunder adalah mengirim pesan lewat SMS, surat, dan email, serta berbincang lewat telepon atau video call.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com