Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Sumber Pendapatan

Kompas.com - 13/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Sumber KBBI

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendapatan adalah hasiul kerja (usaha atau sebagainya).

Sementara dalam Kamus Manajemen, pendapatan merupakan uang yang diterima oleh perorangan, perusahaan, dan organisasi lain dalam bentuk upah, gaji, sewa, bunga, komisi, ongkos, dan laba.

Dilansir dari buku Akuntansi Suatu Pengantar (2009) oleh Soemarso, pendapatan adalah jumlah yang dibebankan kepada langganan untuk barang dan jasa yang dijual.

Pendapatan diartikan sebagai aliran masuk aktiva atau pengurangan utang yang diperoleh dari hasil penyerahan barang atau jasa kepada para pelanggan.

Baca juga: 2 Jenis Pendapatan: Operasional dan Non-operasional

Sumber pendapatan

Dikutip dari bukunya Intermediate Accounting Edisi 8 (2011) oleh Zaki Baridwan, pada dasarnya pendapatan keluarga berasal dari berbagai sumber.

Kondisi ini terjadi karena masing-masing anggota rumah tangga mempunyai lebih dari satu jenis pekerjaan baik sebagai pekerjaan tetap atau pekerjaan pengganti.

Pendapatan keluarga dapat bersumber dari:

  • Usaha sendiri, misalnya berdagang, wiraswasta, dan lain sebagainya.
  • Bekerja pada orang lain, misalnya karyawan atau pegawai;Hasil dari milik, misalnya punya sawah, rumah atau lahan yang disewakan.
  • Pendapatan keluarga dapat diterima dalam bentuk uang, dapat juga berbentuk barang (misalnya tunjangan beras, hasil dari sawah atau pekarangan sendiri), atau fasilitas-fasilitas (misalnya rumah dinas, pengobatan gratis).

Sumber pendapatan lainnya

Disadur dari jurnal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Tape di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso (2013) oleh Michell Rinda Nursandy, sumber pendapatan terdiri dari:

  • Sektor formal, yang berupa gaji dan upah yang diperoleh secara tetap dan jumlah yang telah ditentukan.
  • Sektor informal, berupa pendapatan yang bersumber dari perolehan atau penghasilan tambahan seperti penghasilan dagang, tukang, buruh, dan lain-lain.
  • Sektor subsisten, merupakan pendapatan yang bersumber dari hasil usaha sendiri berupa tanaman, ternak, kiriman dan pemberian orang lain.

Baca juga: Apa itu Elastisitas Pendapatan?

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com