Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Teknologi terhadap Sistem Pembayaran

Kompas.com - 10/11/2023, 04:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada semua bidang, termasuk bidang keuangan dan perbankan. 

Kemajuan teknologi menimbulkan terjadinya perubahan pada sistem pembayaran yang menyesuaikan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan.

Sistem pembayaran adalah sebuah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari kegiatan ekonomi.

Baca juga: Lembaga Keuangan Bank: Definisi, Jenis, dan Tugasnya

Lantas, apa dampak perkembangan teknologi terhadap sisitem pembayaran?

Perubahan pola sistem pembayaran

Perubahan pada pola dan sistem pembayaran memberikan pilihan bagi masyarakat pada saat melakukan proses transaksi karena telah tersedianya berbagai instrumen-instrumen pembayaran.

Mayoritas masyarakat telah beralih dari pembayaran tunai ke sistem pembayaran non-tunai yang dianggap lebih mudah.

Maraknya pembayaran non-tunai

Perkembangan transaksi menuju less cash society adalah suatu budaya atau tren yang tengah berkembang di masyarakat dalam melakukan transaksi non-tunai.

Semakin berkembangnya teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peranan uang tunai sebagai alat pembayaran, dan beralih pada sistem pembayaran non-tunai yang lebih efisien.

Kemajuan teknologi mendorong pola hidup masyarakat dalam bertransaksi dan menambah jenis transaksi non-tunai yaitu e-money atau uang elektronik.

Baca juga: Pengertian Sistem Pembayaran Tunai dan Non-tunai

Sistem pembayaran berbasis kartu

Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) adalah seluruh instrumen sistem pembayaran yang umumnya berbasis kartu.

Adapun kartu yang digunakan sebagai APMK antara lain kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debit, kartu kredit, e-money, dan semua jenis kartu lain yang dapat digunakan sebagai sistem pembayaran.

Alat pembayaran semakin bervariasi

Saat ini telah banyak masyarakat yang melakukan transaksi menggunakan pembayaran elektronik yang lebih inovatif, efisien, aman dan mudah untuk digunakan.

Selain itu, alat pembayaran elektronik dianggap lebih efektif dalam membantu pencatatan keuangan sebab setiap transaksi akan tercatat dan tersusun dengan rapi.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Sistem Pembayaran

Maraknya platform pembayaran elektronik

Hadirnya berbagai sistem pembayaran berbasis aplikasi atau e-wallet yang dikenal sebagai dompet digital yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi termasuk pembayaran.

Bahkan saat ini fintech dan e-commerce telah bekerja sama dalam hal pembayaran dengan layanan dompet digital seperti OVO, Dana, Gopay, dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com