Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Mempelajari Budaya Kearifan Lokal

Kompas.com - 31/10/2023, 13:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran tentang budaya, harus ditanamkan sejak dini.

Namun sekaranng ini banyak yang sudah tidak menganggap penting mempelajari budaya lokal.

Dilansir dari buku Sastra dan Identitas Budaya: Menggali Kearifan Lokal Melalui Karya-karya Sastra (2023) oleh Sukarismanti, dijelaskan bahwa mempelajari budaya lokal termasuk hal penting karena mempelajarinya dapat membantu dalam memahami dan menghormati budaya dan masyarakat di tiap-tiap daerah tertentu dan juga dapat mempromosikan kerja sama terhadap pemahaman antarbudaya.

Nilai dan kearifan lokal merujuk pada sistem nilai, budaya, dan pengetahuan yang berkembang di suatu wilayah atau masyarakat tertentu.

Ini mencakup keyakinan, tradisi, norma, dan pengetahuan yang telah diwariskan dari zaman ke zaman.

Baca juga: Wirausaha Kerajinan dengan Obyek Budaya Lokal

Cara untuk mempelajari kearifan lokal bisa dari memahami cerita-cerita tradisional.

Dikutip dari buku Multicultural (2016) oleh Nanik Suratmi, melalui pembelajaran budaya lokal, kita dapat mengetahui pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa serta bagaimana cara mengadaptasi budaya lokal di tengah perkembangan zaman.

Selain itu, dengan mempelajari budaya lokal, kita dapat memperkaya dan memperluas pemahaman tentang kekayaan budaya Indonesia secara keseluruhan.

Dengan mempelajari dan memahami budaya lokal, kita dapat memperkokoh identitas bangsa Indonesia.

Sebab, Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya, setiap suku dan etnis di Indonesia memiliki keunikan budaya mereka sendiri.

Baca juga: Perancangan dan Produksi Kerajinan Obyek Budaya Lokal

Mempertahankan nilai budaya

Berdasarkan buku Peran Orangtua Etnis Banjar dalam Mengasah Kearifan Lokal Anak (2023) oleh Abdi Syahrial Harahap, masyarakat Indonesia harus memahami budaya yang ada di sekitar mereka.

Alasannya yakni agar mereka dapat menghargai dan mempertahankan nilai-nilai budaya tersebut.

Ketika seseorang memahami dan menginternalisasi budaya, mereka lebih mungkin untuk mempertahankan dan melestarikan budaya tersebut.

Saat seseorang memahami dan menginternalisasi budaya, mereka memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya mempertahankan dan melestarikan budaya tersebut.

Mereka menjadi lebih terhubung secara emosional dengan budaya tersebut, karena mereka memahami latar belakang, sejarah, nilai-nilai dan tradisi yang melekat pada budaya tersebut.

Baca juga: Contoh Kerajinan Tangan dengan Inspirasi Budaya Lokal

Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang budaya lokal secara umum membantu masyarakat untuk menghindari penyelewengan atau pemaknaan yang salah terhadap budaya tersebut.

Dalam era globalisasi dan modernisasi yang semakin pesat, pengetahuan yang akurat tentang budaya menjadi penting untuk menjaga keaslian dan integritas budaya tersebut.

Hal ini juga membantu masyarakt dalam menghargai dan menghormati budaya lokal dan budaya-budaya lain Indonesia dengan lebih baik.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya mempelajari kearifan budaya lokal.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com