Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kerajinan Tangan dengan Inspirasi Budaya Lokal

Kompas.com - 08/11/2021, 08:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya lokalnya. Salah satu contoh kekayaan budaya lokal Indonesia, tercermin dalam kerajinan tangan.

Berikut ini yang termasuk kerajinan tangan dengan inspirasi budaya lokal adalah miniatur, benda hiasan, dan produk kerajinan. Berikut penjelasannya: 

Miniatur

Miniatur adalah representasi suatu benda atau objek dengan skala yang lebih kecil. Miniatur merupakan salah satu kerajinan tangan yang terinspirasi dari budaya lokal.

Contoh yang paling umum adalah miniatur berbagai rumah adat Indonesia, dimulai dari rumah gadang, rumah honay, rumah kasepuhan, rumah, rumah joglo, rumah baloy, dan masih banyak lagi.

Benda hiasan

Contoh lain kerajinan tangan yang terinspirasi dari budaya lokal adalah benda hiasan. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, hiasan merupakan seni yang murni mengutamakan estetikanya dibanding kegunaannya.

Baca juga: Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tangan

Contoh benda hiasan adalah patung-patung yang diukir berdasarkan dewa-dewa yang dipercayai dalam kebudayaan lokal, lukisan yang berisikan upacara kebudayaan, kerajaan-kerajaan kuno (seperti Mataram, Majapahit, Demak, dan sebagainya), tarian tradisional, rumah tradisional, dan yang menggambarkan kegiatan suku-suku Indonesia.

Salah satu benda hiasan yang terkenal hingga ke luar negeri adalah lukisan khombow. Mengutip dari Portal Informasi Indonesia, khombow adalah lukisan kulit kayu Orang Sentani yang merupakan budaya warisan nenek moyang.

Produk kerajinan kriya

Menyadur dari Tate, produk kerajinan kriya adalah benda yang tidak hanya memiliki estetika namun juga memiliki fungsi domestik. Artinya, produk kerajinan kriya tidak hanya indah dilihat, melainkan memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Sangat banyak produk kerajinan kriya yang terinspirasi dari budaya lokal. Produk kriya yang terinspirasi budaya lokal biasanya lebih diminati konsumen karena dianggap unik dan memikat.

Contoh produk kerajinan kriya yang terinspirasi budaya lokal adalah baju dari kain batik, selendang dari kain ulos, kebaya modern, mebel yang diukir dengan seni ukir lokal, terompah kayu hiasan etnik, anyaman tas, keramik dengan hiasan etnik, juga berbagai macam produk kerajinan kriya lainnya.

Baca juga: Seni Kriya sebagai Kerajinan Tangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com