Kompas.com - 23/06/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi kerajinan tangan freepik.com/oduaIlustrasi kerajinan tangan

KOMPAs.com - Kerajinan merupakan salah satu jenis seni kriya yang tidak hanya mementingkan keindahan namun juga nilai guna suatu barang. Kerajinan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan peradaban manusia.

Kusnadi dalam buku berjudul Peranan Seni Kerajinan Tradisional dan Baru dalam Pengembangan (1992) menyebutkan bahwa seni kerajinan menurut kata harfiahnya dilahirkan sifat manusia rajin dalam arti mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain, dan dapat dikatakan juga sebagai keterampilan yang didapat dari keterampilan kerja.

Fungsi kerajinan tangan

Secara umum fungsi kerajinan yangan terbagi menjadi dua, yaitu fungsi keindahan dan fungsi kegunaan.

  • Fungsi hias

Fungsi hias merupakan kerajinan yang hanya mengutamakan keindahan tanpa memerhatikan guna barang tersebut. Benda-benda yang dihasilkan melalui kerajinan tangan memiliki nilai estetis yang tinggi yang menarik perhatian.

Dilansir dari Lumen Learning, yang dimaksud dengan menarik adalah karya tersebut dapat membangkitkan perasaan estetika atau moral dan dapat dipahami sebagai cara untuk mengkomunikasikan perasaan pembuatnya.

Baca juga: Seni Kriya sebagai Kerajinan Tangan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Fungsi Kegunaan

Kerajinan tangan memiliki fungsi kegunaan, yang berarti karya tersebut memiliki nilai guna dalam kehidupan manusia.

Nilai guna tersebut dapat berupa karya digunakan untuk membatu melakukan aktivitas sehari-hari, karya digunakan untuk menunjang suatu kegiatan, sebagai sandang, sebagai mainan, maupun sebagai kelengkapan dalam ritual kebudayaan maupun ritual keagamaan.

Prinsip kerajinan tangan

Beberapa prinsip kerajinan tangan, yaitu: 

  • Keterampilan tangan

Keterampilan tangan adalah hal utama dalam pembuatan kerajinan tangan. Kerajinan tangan harus dibuat oleh seorang pengrajin yang lihai sehingga bisa menghasilkan karya kerajinan tangan yang memiliki nilai guna serta nilai estetis tinggi.

  • Keterampilan teknik

Prinsip selanjutnya dari kerajinan tangan adalah keterampilan teknik. Kualitas suatu karya kerajinan tangan bergantung pada keterampilan teknik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X