Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fransium, Logam Alkali yang Bersifat Radioaktif

Kompas.com - 30/10/2023, 22:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Logam alkali adalah unsur golongan I pada tabel periodik. Ada unsur alkali yang bersifat radioaktif. Logam alkali yang bersifat radioaktif adalah Fransium. Berikut adalah penjelasan tentang fransium!

Pengertian fransium

Fransium (Fr) adalah unsur ke 87 dalam tabel periodik.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, keberdaan fransium telah diprediksi oleh ahli kimia Rusia bernama Dmitri I. Mendeleyev dalam klasifikasi unsur periodiknya.

Namun, fransium baru ditemukan sekitar tahun 1939 oleh Margurite Perey yang merupakan asistem Marie Curie di Curie Institute Paris.

Baca juga: Logam Alkali: Unsur dan Sifat-sifatnya

Perey kemudian menamai fransium sesuai dengan negara asalnya.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, fransium adalah logam alkali terakhir yang diketahui dan tidak banyak terdapat di alam.

Logam fransium sangat langka, bahkan diperkirakan hanya ada sekitar 30 gram atau satu ons fransium saja yang ada di seluruh kerak bumi.

Fransium bersifat radioaktif

Fransium adalah unsur radioaktif yang memiliki waktu paruh yang sangat singkat singkat. Unsur fransium memiliki waktu paruh 22 menit.

Artinya, setelah 22 menit fransium akan meluruh dan jumlahnya menjadi setengah dari jumlah awalnya.

Baca juga: Mengenal Waktu Paruh Unsur Radioaktif dan Contohnya

Dilansir dari Live Science, fransium meluruh menjadi radium-223 melaluipeluruhan beta ataupun meluruh menjadi astatin-219 melalui peluruhan alfa.

Waktu paruh fransium sangat singat jika dibandingkan dengan unsur radioaktif lainnya. Sebagai perbandingan, uranium-235 memiliki waktu paruh 703.800.000 tahun.

Sifatnya yang radioaktif membuat fransium menjadi logam yang berbahaya dan beracun karena radioaktivitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com