Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Hubungan Psikologi dengan Ilmu Lain

Kompas.com - 10/10/2023, 05:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik dari gejala, proses, ataupun latar belakangnya. Psikologi memiliki keterkaitan dengan ilmu-ilmu lain.

Hubungan psikologi dengan ilmu lain sebagai berikut:

Hubungan psikologi dengan ilmu sosiologi

Sosiologi adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan perilaku sosial dari hubungan antara individu dengan individu yang lain, hubungan antara individu dengan kelompok, dan hubungan antara kelompok dengan kelompok yang lain.

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan manusia lain dalam hidup bermasyarakat.

Fokus perhatian ilmu sosiologi ada pada perilaku sosial. Sementara itu, fokus perhatian ilmu psikologi ada pada subyek pelaku. Akan tetapi, kedua ilmu ini saling melengkapi satu sama lain.

Obyek dari ilmu sosiologi adalah manusia sebagai makhluk sosial. Baik psikologi maupun sosiologi sama-sama membicarakan mengenai manusia. Kedua ilmu tersebut juga dapat bertemu ketika membahas mengenai perilaku.

Tinjauan sosiologi yang penting adalah hidup bermasyarakat. Sedangkan, tinjauan psikologi adalah perilaku sebagai manifestasi jiwa yang didorong oleh suatu motif tertentu sehingga manusia dapat berbuat demikian.

Karena terdapat berbagai titik persamaan antara psikologi dengan sosiologi, maka muncul cabang ilmu pengetahuan dalam psikologi. Cabang tersebut merupakan psikologi sosial yang secara mempelajari dan meneliti perilaku manusia dalam hubungan situasi-situasi sosial.

Pertemuan antara psikologi dan sosiologi adalah daerah psikologi sosial. Seseorang akan semakin menyadari bahwa perilaku manusia tidak mampu untuk lepas dari keadaan sekitarnya.

Oleh karena itu, akan tidak sempurna jika hanya meninjau manusia sebagai sosok yang berdiri sendiri tanpa masyarakat yang melatarbelakanginya.

Baca juga: 22 Istilah Emosi Manusia Dalam Psikologi yang Jarang Diketahui

Hubungan psikologi dengan ilmu filsafat

Sebagai makhluk hidup, manusia juga menjadi obyek dari filsafat yang meliputi membicarakan perihal hakikat kodrat manusia, tujuan manusia, dan lain-lain.

Sekalipun psikologi pada akhirnya memisahkan diri dari filsafat karena salah satu penyebabnya adalah metode yang ditempuhnya, namun psikologi akan tetap berhubungan dengan filsafat.

Sebenarnya dapat dikatakan bahwa ilmu-ilmu yang sudah memisahkan diri dari filsafat tetap masih behubungan dengan filsafat, khususnya perihal hakikat dan tujuan dari ilmu-ilmu tersebut.

Hubungan psikologi dengan ilmu biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Segala benda yang hidup menjadi obyek dari biologi. Dengan begitu, cukup banyak ilmu yang tergabung dengan biologi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com