Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Teknik Dasar Renang

Kompas.com - 04/10/2023, 02:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Renang adalah olahraga yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Sebelum melakukan pembelajaran gerakan renang seseorang perlu melakukan pengenalan terhadap air.

Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah supaya seseorang memiliki perasaan aman dan percaya diri dalam bergerak di dalam air dan mengenal bagaimana sifat-sifat air, seperti dingin, basah, dan sebagainya

Selain itu, seseorang juga perlu mempelajari hal mendasar tentang berenang yang perlu dikuasai terlebih dahulu.

Terdapat tiga teknik dasar renang, yaitu teknik pernapasan, teknik mengapung, dan teknik meluncur dalam air.

Berikut penjelasannya:

Teknik pernapasan

Pada prinsipnya, bernapas di dalam air tidak bisa dilakukan setiap saat. Teknik pernapasan adalah bagaimana cara kita untuk mengatur napas ketika berada di air supaya tidak kemasukkan air.

Untuk melakukan teknik ini, seseorang harus belajar cara pernapasan yang baik. Caranya dapat dilakukan dengan berjalan di darat sambil melakukan gerakan pernapasan terlebih dahulu, seperti pengaturan irama pengambilan napas dan pengeluaran napas.

Setelah itu, latihan pernapasan dapat dilanjutkan di kolam dangkal supaya orang yang belajar tak tenggelam.

Seseorang dapat berdiri di kolam untuk melakukan gerak pernapasan dengan irama yang baik antara waktu pengambilan napas di atas permukaan air dengan waktu pengeluaran napas dalam air. Untuk mengeluarkan napas di dalam air dapat menggunakan mulut atau hidung.

Latihan gerakan pernapasan ini dapat dilakukan secara berulang hingga tidak ada kendala terkait waktu pengambilan napas dengan pengeluaran napas. Karena kendala yang mungkin akan terjadi mampu menghambat proses pembelajaran selanjutnya, bahkan berakibat trauma.

Latihan pernapasan dapat diperlancar dengan memberikan irama hitungan sesudah mengambil napas. Seseorang dapat memberi hitungan satu sampai tiga ketika memasukkan muka ke dalam air, kemudian dapat memberinya peningkatan hingga sepuluh hitungan.

Latihan pernapasan juga dapat ditingkatkan dengan berjalan di air. Seseorang dapat mengambil napas terlebih dahulu, kemudian memasukkan muka ke dalam air sambil berjalan disertai dengan mengeluarkan napas. Hal tersebut dapat dilakukan secara berulang.

Baca juga: Sejarah Olahraga Renang dan Gayanya 

Teknik mengapung

Teknik mengapung yang baik sangat diperlukan dalam renang supaya seseorang dapat menggunakan tenaganya dengan efektif untuk bergerak di air.

Posisi mengapung dapat diibaratkan sebagai kapal yang ada di air. Walaupun kapal tersebut berisi muatan, dengan alat pendayung bertenaga kecil saja kapal tersebut sudah mampu bergerak. Apalagi jika kapal tersebut digerakkan dengan tenaga mesin.

Posisi mengapung yang diinginkan dalam renang adalah posisi tubuh, mulai dari kepala sampai ujung jari, yang sejajar dengan permukaan air, sehingga gerakan tubuh dapat meluncur dengan mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com