Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bentuk Cyber Crime

Kompas.com - 03/10/2023, 05:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Cyber crime adalah jenis kejahatan yang muncul dengan memanfaatkan internet. Cyber crime merupakan perbuatan yang melanggar hukum.

Menurut kepolisian Inggris, cyber crime adalah segala macam penggunaan jaringan internet yang menyalahgunakan kemudahan teknologi digital untuk tujuan kriminal berteknologi tinggi.

Tindak pidana yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dapat merugikan berbagai pihak, termasuk negara.

Adapun 10 bentuk cyber crime, sebagai berikut:

Cyber espionage, sabotage, extortion

Kejahatan dengan memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain dengan memasuki sistem jaringan komputer target sasaran disebut cyber espionage.

Kejahatan ini menggunakan jaringan internet dengan meretas sistem jaringan komputer pihak yang dituju. Cara untuk terhindar dari cyber espionage adalah dengan mengenali bagaimana teknik serangan spionase siber, mengubah password secara berulang, dan memantau sistem.

Sabotage dan extortion adalah kejahatan dengan menciptakan gangguan, perusakan, atau penghancuran suatu data, sistem jaringan komputer, atau program komputer yang terhubung di internet.

Unauthorized access

Unauthorized access adalah kejahatan yang terjadi saat seseorang menyusup atau memasuki suatu sistem jaringan komputer tanpa izin, secara tidak sah, ataupun tanpa diketahui pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya.

Contoh unauthorized access adalah probing dan port.

Cara untuk menghindari kejahatan ini adalah dengan memperbarui sistem secara berkelanjutan, menerapkan fitur keamanan otentifikasi dua faktor, dan penggunaan hosting yang aman.

Baca juga: Cyber Crime: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Illegal contents

Illegal contents adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara memasukkan informasi atau data mengenai hal yang tak etis, tidak dapat dibenarkan, dan mampu dianggap melanggar hukum ataupun mengganggu ketertiban umum.

Contoh illegal content adalah pornografi.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari kejahatan ini adalah lebih bijak dalam memilih gambar atau foto pribadi yang akan dipublikasikan supaya tidak memancing pelaku.

Penyebaran virus dengan sengaja

Umumnya, penyebaran virus dilakukan melalui email. Hal ini sering kali tidak disadari oleh orang yang sistem emailnya terkena virus. Virus ini kemudian dikirim ke tempat yang lain dengan emailnya.

Cara untuk meminimalisir kejadian ini adalah dengan melakukan penggantian password secara berkala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com