Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Kompas.com - 26/01/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

 

KOMPAS.comJaringan lokal dan internet adalah dua jenis jaringan komputer yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah perbedaan antara jaringan lokal dan internet? Berikut adalah perbedaan jaringan lokal dan internet!

Jangkauan area

Perbedaan jaringan lokal dan internet adalah jangkauan areanya. Jaringan lokal memiliki jangkauan yang jauh lebih sempit daripada internet.

Jaringan lokal atau Local Area Network (LAN) hanya mencakup sekitar 100 hingga 1.000 meter saja.

Sedangkan seperti dilansir dari Computer Hope, internet dapat mencakup ratusan mil dan menghubungkan berbagai negara juga seluruh dunia.

Baca juga: Keuntungan Jaringan Local Area Network (LAN)

Jumlah perangkat yang terhubung

Perbedaan jaringan lokal dan internet selanjutnya adalah jumlah perangkat komputer yang dapat terhubung.

Jaringan lokal memiliki jumlah perangkat terhubung yang jauh lebih sedikit daripada internet. Diperkirakan suatu jaringan lokal dapat menghubungkan 250 hingga ribuan perangkat komputer.

Namun, komputer dapat menghubungkan jauh lebih banyak perangkat.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, internet menghubungkan sekitar 4,5 miliar perangkat komputer atau sekitar setengah populasi manusia di dunia terhubung di dalam internet.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

Keamanan

Perbedaan jaringan lokal dan internet selanjutnya adalah keamanan data dan perangkat komputer.

Jaringan lokal cenderung lebih aman karena di dalamnya terdapat lebih sedikit komputer. Sehingga, lalu lintasnya lebih mudah diatur.

Sedangkan, internet memiliki pengguna yang jauh lebih banyak. Sehingga, lalu lintasnya sangat rumit, menyebabkannya memiliki potensi kejahatan siber yang lebih tinggi.

Keamanan yang lebih rendah, membuat penggunaan internet lebih rentan terhadap peretasan, virus, malware, pencurian data, dan kejahatan siber lainnya.

Baca juga: Kerugian dari Jaringan Komputer

Kecepatan

Jaringan lokal memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada internet. Hal tersebut dikarenakan komputer pada jaringan lokal sangat dekat dengan routernya, sehingga meminimalisir perjalan jauh dan kehilangan data.

Sedangkan, pengguna internet kerap menggunakan jaringan nirkabel dan mengandalkan gelombang elektromagnetik yang merambat di udara dalam perjalan jauh. Sehingga, kecepatan internet cenderung lambat.

Biaya

Perbedaan jaringan lokal dan internet selanjutnya adalah dari segi biaya. Pembangunan jaringan lokal jauh lebih murah daripada internet.

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Hal tersebut karena jaringan lokal tidak memerlukan terlalu banyak perangkat keras maupun perangkat lunak, juga pemeliharaannya yang sederhana.

Sedangkan, pembangunan internet memerlukan biaya yang besar. Hal tersebut karena internet memerlukan banyak perangkat keras, perangkat lunak, tenaga ahli, dan perawatan yang rumit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com