Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Implementasi Jaringan Wireless

Kompas.com - 26/01/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Jaringan wireless adaah jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel atau nirkabel. Apa saja contoh implementasi jaringan wireless? Contoh implementasi jaringan wireless adalah:

  • Wi-Fi
  • Tethering
  • Radar
  • Bluetooth
  • Global Positioning Systems (GPS)
  • Jaringan seluler
  • Siaran televisi dan radio

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Wi-Fi

Contoh implementasi jaringan wireless yang pertama adalah Wi-Fi.

Dilansir dari Cisco, Wi-Fi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat seperti komputer, lapto, ponsel pintar, kamera, dan lainnya untuk berinteraksi dengan internet tanpa memerlukan kabel.

Tethering

Fitur berbagi koneksi internet antara perangkat mobile dengan perangkat lain disebut tethering. Tethering adalah contoh implementasi jaringan wireless.

Tethering memungkinkan suatu perangkat dapat membagi koneksi internetnya dengan perangkat lain tanpa harus tersambung dengan kabel.

Baca juga: Kerugian dari Jaringan Komputer

Radar

Contoh implementasi jaringan wireless selanjutnya adalah radar. Komunikasi radar tidak menggunakan kabel karena menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik yang tidak memerlukan kabel.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, radar digunakan untuk mendeteksi, menemukan, melacak, dan mengenali objek dari berbagai jenis material pada jarak yang cukup jauh.

Bluetooth

Bluetooth adalah salah satu contoh komunikasi wireless. Di mana perangkat komputer ataupun ponsel menggunakan gelombang radio (tanpa kabel) untuk bertukar data dalam rentang jarak tertentu.

Baca juga: Keuntungan Jaringan Wide Area Network (WAN)

Global Positioning Systems (GPS)

Global Positioning Systems atau GPS adalah salah satu contom implementasi jaringan wireless yang tertua.

Dilansir dari Physics LibreTexts, GPS menggunakan satelit dan jam yang sangat akurat untuk menentukan suatu lokasi di permukaan bumi.

Jaringan seluler

Jaringan seluler adalah contoh implementasi jaringan wireless. Jaringan seluler tidak menggunakan kabel karena mentransmisikan datanya lewat sinyal yang dikirim melalui udara. Hal tersebut memudahkan ponsel yang terhubung ke jaringan seluler

Baca juga: Radio: Pengertian, Karakteristik, Keunggulan, dan Kelemahannya

Siaran televisi dan radio

Contoh implementasi jaringan wireless selanjutnya adalah siaran televisi dan radio.

Siara televisi dan radio tidak memerlukan kabel karena siaran keduanya adalah gelombang elektromagnetik yang ditransmisikan lewat udara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com