Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tujuan Kebugaran Jasmani beserta Manfaatnya

Kompas.com - 20/09/2023, 02:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga tubuh untuk tetap bugar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tubuh yang sehat dan bugar menjadi idaman semua orang karena kita menjadi bisa lebih mudah dalam beraktivitas sehari-hari.

Pengertian kebugaran jasmani

Apa itu kebugaran jasmani? Berikut beberapa pengertian kebugaran jasmani:

  • Menurut Prof. Sutarman

Kebugaran jasmani diartikan sebagai suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran secara menyeluruh (total fitness) yang membuat seseorang sanggup untuk menjalani kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada setiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak.

  • Menurut Prof. Soedjatmo Soemowardoyo

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisiologi  terhadap lingkungan atau kerja fisik yang efisien tanpa mengalami kelelahan berlebih.

Baca juga: Bentuk Aktivitas Kebugaran Jasmani

Tujuan kebugaran jasmani

Berikut ini 10 tujuan menjaga kebugaran jasmani:

  • Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh

Tujuan utama dari menjaga kebugaran jasmani adalah untuk mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus rutin dalam melakukan latihan kebugaran jasmani.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan rutin latihan kebugaran jasmani, maka kita dapat mencapai peningkatan daya tahan tubuh. Metabolisme kita juga semakin halus dan mendapat peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Kondisi tersebut mencegah kita dari sakit, baik penyakit menular maupun tidak menular. Serta, kebugaran jasmani juga mampu membuat wajah terlihat cerah dan segar.

  • Melancarkan peredaran darah

Dengan menjaga kebugaran jasmani, peredaran darah kita akan lancar. Karena latihan kebugaran jasmani memiliki pengaruh terhadap jantung yang merupakan organ penting sebagai pusat kehidupan karena menjadi organ utama untuk memompa darah keseluruh tubuh.

  • Menguatkan tulang

Jika kita melatih tubuh kita dengan latihan kebugaran jasmani, maka tulang kita dapat menjadi lebih kuat. Dengan begitu, kita dapat membawa beban tanpa mendapat masalah yang signifikan.

Contoh latihan untuk memperkuat tulang adalah berjalan, bersepeda, serta mengangkat beban.

Baca juga: 5 Komponen Kebugaran Jasmani

  • Mencegah obesitas

Olahraga secara teratur dapat mencegah kita mengalami obesitas.

Seperti yang diketahui bahwa obesitas adalah penyebab berbagai penyakit. Dengan begitu, menjaga kebugaran jasmani juga menjauhkan kita dari penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh obesitas.

  • Menjadikan sendi lebih lentur

Melenturkan sendi merupakan salah satu tujuan dari menjaga kebugaran jasmani. Dengan latihan secara rutin, maka otot dan tungkai tubuh menjadi lebih fleksibel. Contoh bentuk latihan fleksibelitas otot adalah senam lantai.

  • Meringankan stres

Ketika melakukan aktivitas kebugaran jasmani, kita akan mendapatkan efek rileks pada tubuh dan otak kita. Oleh karenanya, melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin memiliki potensi dalam menurunkan stres yang kita alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com