Kompas.com - 31/12/2020, 12:00 WIB
Olahraga dapat menjaga kebugaran dan metabolisme tubuh. Buat perempuan, olahraga dapat membantu membentuk tubuh agar ideal karena kalori maupun lemak ikut terbakar saat melakukan aktivitas tersebut. ShutterstockOlahraga dapat menjaga kebugaran dan metabolisme tubuh. Buat perempuan, olahraga dapat membantu membentuk tubuh agar ideal karena kalori maupun lemak ikut terbakar saat melakukan aktivitas tersebut.
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com - Tubuh yang bugar serta sehat merupakan keinginan atau impian setiap orang. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh.

    Contohnya adalah dengan menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup yang sehat. Namun, dua hal tersebut tidaklah cukup karena harus diimbangi dengan berbagai aktivitas fisik.

    Aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani seseorang. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani?

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebugaran jasmani adalah kondisi tubuh yang bersifat bugar dan dipengaruhi oleh berbagai latihan kekuatan serta daya tahan otot, daya tahan kardiovaskular dan fleksibilitas tubuh.

    Mengutip dari situs Medlineplus.gov, bentuk aktivitas kebugaran jasmani dapat meningkatkan kesehatan tubuh serta meminimalisir risiko penyakit kronis.

    Baca juga: Program Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan

    Kebugaran jasmani memiliki empat jenis aktivitas yang bisa dilakukan. Apa sajakah itu?

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Aktivitas latihan ketahanan tubuh

    Jika melakukan aktivitas ini, sistem pernapasan serta tingkat detak jantung akan semakin baik atau teratur.

    Aktivitas kebugaran jasmani untuk ketahanan tubuh terbukti bisa meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru serta sistem peredaran darah.

    Aktivitas ini juga sangat bisa meningkatkan kebugaran jasmani. Contoh aktivitasnya adalah jalan cepat atau brisk walking, joging, berenang atau bersepeda.

    • Aktivitas latihan kekuatan tubuh

    Jika melakukan aktivitas ini, otot tubuh akan semakin kuat. Contoh aktivitasnya adalah dengan berlatih mengangkat beban.

    Baca juga: Aktivitas Tes Kebugaran Jasmani

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.