Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pengertian Efikasi Diri Menurut Ahli

Kompas.com - 19/09/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Efikasi diri adalah kepercayaan individu akan kemampuannya sendiri dalam melakukan berbagai hal.

Berikut pengertian efikasi diri menurut ahli:

Alwisol

Menurut Alwisol, efikasi diri adalah pandangan atau persepsi individu tentang bagaimana diri mereka dapat berfungsi sesuai situasi yang sedang dihadapi.

Secara umum, efikasi diri tidak berkaitan dengan keahlian yang dimiliki individu, melainkan lebih pada psikologis atau keyakinan mereka.

Ghufron dan Risnawita

"Efikasi diri adalah salah satu aspek pengetahuan tentang diri atau self-knowledge yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari."

Hal ini terjadi karena efikasi diri memengaruhi individu dalam menentukan tindakan mereka mencapai suatu tujuan, termasuk perkiraan akan kejadian yang mungkin dihadapi.

Baca juga: Mengenal Individu dengan Karakteristik Self Control

Widiyanti dan Marheni

Pengertian efikasi diri adalah penilaian diri mengenai tindakan baik buruk, tepat salah, dan bisa atau tidak bisanya individu dalam melakukan suatu hal.

Baron dan Byrne

Definisi efikasi diri menurut Baron dan Bryne adalah keyakinan dan kepercayaan individu terhadap kemampuan dirinya sendiri.

Kemampuan ini termasuk pengorganisasian, pelaksanaan tugas, pencapaian tujuan, hingga pengimplementasian tindakan mereka untuk menampilkan kecakapan tertentu.

Schunk

"Efikasi diri merujuk pada keyakinan seseorang mengenai kemampuan dirinya untuk belajar atau melakukan sesuatu."

Bandura

Albert Bandura adalah tokoh yang memperkenalkan istilah efikasi diri atau self efficacy.

Pengertian efikasi diri menurut Bandura adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas atau tindakan demi mencapai hasil tertentu.

Baca juga: Apa itu Self Efficacy?

Efikasi diri adalah unsur kepribadian yang berkembang melalui pengamatan individu terhadap akibat tindakannya, terutama dalam situasi tertentu.

Persepsi seseorang mengenai dirinya dibentuk selama hidupnya melalui reward and punishment dari orang-orang di sekitarnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian efikasi diri adalah keyakinan seseorang atas kemampuan dirinya dalam mencapai tujuan, sekaligus mengatasi hambatan untuk mencapai sebuah hasil dalam situasi tertentu.

Efikasi tinggi mampu memotivasi individu secara kognitif untuk bertindak lebih baik dalam mencapai tujuan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com