Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegunaan dan Manfaat Self Control dalam kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 03/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Pengendalian diri atau self control adalah kemampuan individu untuk mengarahkan tingkah lakunya sendiri dan kemampuan untuk menekan atau menghambat dorongan yang ada. 

Dilansir dari buku The Invisible Character Toolbox (2021) oleh Thomas Tan, definisi kontrol diri sebagai suatu kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur, dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa individu ke arah konsekuensi positif. 

Baca juga: Pengertian Kontrol Diri Menurut Ahli

Kegunaan self control atau pengendalian diri 

Menurut Walter yang dilkutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut kegunaan self control atau pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: 

  • Self control berperan penting dalam hubungan seseorang dengan orang lain (interaksi sosial)

Hal ini dikarenakan kita senantiasa hidup dalam kelompok atau masyarakat dan tidak bisa hidup sendirian. Seluruh kebutuhan hidup kita terpenuhi dari bantuan orang lain, begitu pula kebutuhan psikologis dan social kita. 

Oleh karena itu agar kita dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup ini dibutuhkan kerjasama dengan orang lain dan kerjasama dapat berlangsung dengan baik jika kita mampu mengendalikan diri dari perbuatan yang merugikan orang lain.

  • Self control memiliki peran dalam menunjukkan siapa diri kita

Kontrol diri merupakan salah satu aspek penting dalam mengelola dan mengendalikan perilaku kita. Kontrol diri menjadi aspek yang penting dalam aktualisasi pola pikir, rasa dan perilaku kita dalam menghadapi setiap situasi. 

Seseorang yang dapat mengendalikan diri dari hal-hal yang negatif tentunya akan memperoleh penilaian yang positif dari orang lain (lingkungan sosial), begitu pula sebaliknya.

  • Self control berperan dalam pencapaian tujuan pribadi

Pengendalian diri dipercaya dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidup seseorang. 

Hal ini dikarenakan bahwa seseorang yang mampu menahan diri dari perbuatan yang dapat merugikan diri atau orang lain akan lebih mudah fokus terhadap tujuan-tujuan yang ingin dicapai, mampu memilih tindakan yang memberi manfaat, menunjukkan kematangan emosi dan tidak mudah terpengaruh terhadap kebutuhan atau perbuatan yang menimbulkan kesenangan sesaat.

Baca juga: Faktor-faktor yang Memengaruhi Penerimaan Diri

Manfaat self control atau pengendalian diri 

Kontrol diri memiliki beberapa manfaat yaitu:

  • Membatasi perhatian individu kepada orang lain

Membatasi perhatian individu kepada orang lain maksudnya adalah bahwa dengan adanya kontrol diri, individu akan memberikan perhatiannya pada kebutuhan pribadinya pula, yakni tidak hanya berfokus pada kebutuhan, kepentingan, atau keinginan orang lain di lingkungannya. 

Perhatian yang terlalu banyak pada kebutuhan, kepentingan atau keinginan orang lain cenderung akan menyebabkan individu mengabaikan bahkan melupakan kebutuhan pribadinya.

  • Membatasi keinginan individu untuk mengendalikan orang lain dan lingkungan 

Maksudnya adalah bahwa dengan adanya kontrol diri, individu akan membatasi ruang bagi aspirasi dirinya dan memberikan ruang bagi aspirasi orang lain supaya dapat terakomodasi secara bersama-sama. 

Individu akan membatasi keinginannya atas keinginan orang lain, memberikan kesempatan pada orang lain untuk berada dalam ruang aspirasinya masing-masing, bahkan menerima aspirasi orang lain tersebut secara penuh.

Baca juga: 3 Bentuk Identitas: Diri, Sosial, dan Budaya

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com