Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal-hal yang Diperhatikan dalam Produksi Kerajinan Limbah

Kompas.com - 18/09/2023, 06:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam aktivitas sehari-hari, manusia pasti menghasilkan limbah, sehingga limbah terkumpul dan menumpuk di sekitar kita setiap hari, mulai dari yang sifatnya organik dan non organik.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka munculah ide untuk mengubah limbah menjadi suatu barang yang memiliki nilai ekonomis dan tentunya memiliki nilai guna.

Kerajinan bahan limbah merupakan salah satu jenis inovasi dalam industri kreatif yang memberi manfaat bagi manusia serta bagi lingkungan.

Namun, tidak semua jenis limbah dapat diproduksi, dan dalam proses produksinya pun perlu memperhatikan beberapa aspek. 

Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai kerajinan limbah serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses produksinya.

Baca juga: Jenis-jenis Kerajinan Khas Daerah di Indonesia

Apa itu kerajinan limbah?

Kerajinan limbah adalah suatu hasil buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan) dari bahan limbah sehingga menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi.

Manfaat dari kerajinan dari limbah sangatlah membantu penguraian organisme dalam tanah, juga dapat membantu dalam bidang perekonomian.

Di mana limbah yang telah diolah menjadi kerajinan tentu memiliki nilai guna serta nilai jual sehingga dapat menjadi peluang bisnis.

Kerajinan yang dihasilkan dari limbah memiliki keunikannya sendiri sehingga menjadi salah satu daya tarik utama dan dapat menarik minat konsumen.

Baca juga: Skema Pemanfaatan Limbah Organik, Seperti Apa?

Kerajinan limbah bangun datar

Jenis kerajinan limbah berdasarkan bahannya terbagi menjadi dua yaitu, kerajinan limbah bangun ruang dan kerajinan limbah bangun datar.

Kerajinan limbah bangun datar adalah kerajinan yang memanfaatkan limbah dengan permukaan datar yang tidak memiliki ruang, karya yang dihasilkan pun berbentuk dua dimensi.

Limbah berbentuk bangun datar dapat berupa bidang beraturan seperti lingkaran, segi empat, segitiga, dan bangun tidak beraturan.

Contoh jenis limbah bangun datar antara lain:

  • Daun
  • Kertas  
  • Kain perca
  • Plastik
  • Koran
  • Kulit jagung
  • Pelepah pisang
  • Sisik ikan
  • Pecahan keramik
  • Kulit telur, dan sebagainya.

Berbagai hasil kerajinan dari limbah kertas koran produk Salam RancageKOMPAS.com/RAMADHAN TRIADI Berbagai hasil kerajinan dari limbah kertas koran produk Salam Rancage

Baca juga: Kerajinan dari Bahan Limbah Kertas

Aspek produksi kerajinan limbah berbentuk bangun datar

Berbagai macam limbah berbentuk bangun datar sangat bermanfaat sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com