Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Indikator Preferensi Merek (Brand Preference)

Kompas.com - 14/09/2023, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Preferensi diartikan sebagai keinginan atau pilihan alternatif. Sehingga brand preference muncul ketika seorang pelanggan terbiasa pada suatu merek tetapi dapat berpindah ke merek lain ketika susah mendapatkan merek sebelumnya. 

Dilansir dari jurnal Branding Denpasar Smart City Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (2018) oleh Widana dan Darma, brand preference adalah pertimbangan atau informasi yang diterima customer yang dimana akan mempengaruhi pola pembelian suatu produk. 

Senada dengan hal tersebut, menurut Aaker dalam jurnal Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Serta Word Of Mouth Terhadap Brand Trust Dan Pembentukan Brand Loyalty Pada Pelanggan C’bezt Friedchicken Kecamatan Genteng Banyuwangi (2018) oleh Asri Oktiani dan Rozy Khadafi, agar merek dapat dipertimbangkan oleh konsumen, maka merek tersebut harus terlihat kredibilitasnya.

Disamping itu, brand preference dapat dipengaruhi oleh usage experience, yaitu pengalaman yang dialami oleh konsumen selama menggunakan merek tertentu.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian dan Peranannya

Indikator preferensi merek (brand preference

Disadur dari jurnal Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Association Brand Preference dan Purchase Intention (2018) oleh Ngurah Bagus Angga Primanda Kusuma dan I Putu Miartana, terdapat tiga indikator brand preference, yaitu: 

  • Merek produk memiliki nama yang dianggap menarik oleh konsumen. Di mana pemilihan nama merek oleh perusahaan haruslah merek yang mudah diingat, menarik dan terkesan eksklusif.
  • Persepsi konsumen untuk memilih suatu produk terhadap produk lain. Artinya konsumen memiliki persepsi baik terhadap merek tersebut dibandingkan dengan merek lain.
  • Konsumen tetap setia pada produk atau merek yang dipilihnya. Hal tersebut terjadi apabila konsumen merasa merek pilihannya mampu memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian maka konsumen akan loyal terhadap merek tersebut.

Baca juga: Piramida Brand Awareness beserta Penjelasannya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com