Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Fauna di Indonesia: Asiatis, Peralihan, Australis

Kompas.com - 12/09/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Garis Weber dan garis Wallace membagi Indonesia menjadi tiga wilayah, antara lain barat, tengah, dan timur.

Dua garis ini memisahkan fauna tipe Asiatis, peralihan, dan Australis. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda sesuai tempat tinggalnya.

Bagaimana persebaran fauna di Indonesia?

Secara garis besar, pembagian fauna di Indonesia ada tiga, yakni fauna tipe Asiatis, peralihan, dan Australis.

Berikut penjelasannya:

Fauna tipe Asiatis

Ilustrasi buaya. Buaya adalah salah satu fauna Asiatis.iStockphoto/tomodaji Ilustrasi buaya. Buaya adalah salah satu fauna Asiatis.

Dikutip dari buku Kamus Geografi (2020) oleh Gatot Harmanto dan Rudi Hartono, tipe Asiatis meliputi wilayah Indonesia barat, seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Baca juga: Kehidupan Flora dan Fauna di Benua Eropa

Jenis fauna tipe Asiatis, yakni badak, gajah, banteng, beruang, beberapa jenis primata, hingga mamalia lainnya.

Selain mamalia, ada pula reptil, seperti ular, buaya, biawak, bunglon, kura-kura, trenggiling, tokek, dan lain-lain.

Kelompok fauna ini disebut Asiatis karena punya kemiripan dengan fauna yang ada di Benua Asia, seperti kura-kura, kera, hingga landak.

Fauna tipe peralihan

Komodo (Varanus komodoensis) yang merupakan satwa sasional sekaligus fauna identitas Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).dok.indonesia.travel Komodo (Varanus komodoensis) yang merupakan satwa sasional sekaligus fauna identitas Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dilansir dari Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ (2020) karya Tenia Kurniawati dan Andri Setiawan, fauna tipe peralihan terletak di Indonesia bagian tengah, meliputi Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Beberapa fauna ini tidak bisa dijumpai di kawasan mana pun. Fauna tipe peralihan disebut demikian karena mirip seperti fauna Australia.

Contoh faunanya, antara lain babi rusa, anoa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam monyet saba, beruang, komodo, burung maleo, burung dewata, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Karakteristik Unik Flora di Zona Peralihan

Fauna tipe Australis

Kanguru abu-abu timurWikimedia Commons/Thennicke Kanguru abu-abu timur

Dalam buku Ekologi Kepulauan (2022) oleh Abdulrasyid Tolangara, dituliskan bahwa fauna tipe Australis terletak di wilayah timur Indonesia, yakni Papua dan sekitarnya.

Tidak ada hewan berjenis kera di kawasan ini. Binatang menyusui pun sangat jarang dijumpai di daerah ini.

Contoh fauna tipe Australis adalah kanguru, beruang, walabi, landak irian, kanguru pohon, buaya, biawak, kadal, serta kura-kura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com