Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli, Fungsi, dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 08/09/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebudayaan sejatinya tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, sebab masyarakat yang melahirkan, menciptakan, menumbuhkan, serta mengembangkan kebudayaan.

Dengan demikian, tak ada masyarakat yang tidak memiliki kebudayaan dan sebaliknya tak ada kebudayaan tanpa masyarakat sebagai wadah dan pendukungnya.

Kebudayaan sudah hadir sejak dahulu dan dipertahankan dengan cara diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya.

Untuk dapat mempertahankan suatu kebudayaan, tentu kita harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan kebudayaan itu.

Nah, berikut penjelasan mengenai kebudayaan beserta fungsi dan ciri-cirinya:

Baca juga: Pengaruh Hindu–Buddha terhadap Kebudayaan Masyarakat Indonesia

Pengertian kebudayaan menurut para ahli

Kata kebudayaan berasal dari kata budh yang dalam bahasa Sanskerta berarti akal, kemudian menjadi kata budhi (tunggal) atau budhaya (majemuk). Sehingga kebudayaan dapat diartikan sebagai suatu hasil pemikiran atau akal manusia.

Ada pun pengertian lain mengenai kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

  • Edward Burnett Tylor

Edward B. Tylor mendefinisikan kebudayaan sebagai keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, serta kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

  • Koentjaraningrat 

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan proses belajar.

Baca juga: 7 Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

  • Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa kebudayaan berarti buah budi manusia dari hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupannya, guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. 

  • M. Jacobs dan B.J. Stern

Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan sosial.

  • Robert H. Lowie

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik, kebiasaan makan, di mana keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan dari warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal atau informal.

Berdasarkan definisi di atas, maka kebudayaan dapat diartikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta manusia atau masyarakat yang berkaitan dengan akal.

Dalam kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain.

Baca juga: Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Masyarakat

Fungsi kebudayaan

Masyarakat dan kebudayaan memiliki hubungan timbal balik, di mana masyarakat menciptakan kebudayaan sedangkan kebudayaan memberi corak pada masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com