Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Wujud Kebudayaan

Kompas.com - 28/09/2021, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKebudayaan adalah hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. E. B. Taylor dalam bukunya yang berjudul Primitive Culture (1871) menyebutkan kebudayaan adalah semua hasil aktivitas manusia bauk yang sifatnya konkrit maupun abstrak, baik dengan tujuan positif maupun negatif.

Kebudayaan manusia memiliki beberapa wujud. Menurut Jphn J. Honigmann dalam buku The World of Man (1959) menyebutkan wujud kebudayaan ada tiga yaitu ideas (gagasan), activities (aktivitas), dan artifact (artefak).

Wujud kebudayaan sebagai gagasan (wujud ideal)

Wujud kebudayaan sebagai gagasan adalah wujud yang ideal yang sifatnya abstrak. Artinya kebudayaan dala wujud ideal tidak dapat disentuh maupun raba karena terletak di dalam pikiran manusia.

Wujud kebudayaan sebagai gagasan berupa nilai-nilai, norma-norma, peraturan, kepercayaan, ide-ide, ideologi, falsafah, maupun gagasan yang tertanam di dalam akal manusia. Gagasan dalam suatu kebudayaan selalu berkaitan satu-sama lain membentuk sistem budaya.

Baca juga: Dinamika Kebudayaan dan Prosesnya

Wujud kebudayaan sebagai aktivitas (tindakan)

Wujud kebudayaan sebagai aktivitas adalah tindakan yang sifatnya konkret karena dapat dilihat, diamati, dan juga didokumentasikan. Kebudayaan sebagai aktivitas dilihat melalui tindakan berpola yang dilakukan masyarakat.

Pola tersebut menunjukkan bagaimana masyarakat dalam suatu kebudayaan berperilaku menurut adat istiadat mereka.

Sehingga wujud kebudayaan sebagai aktivitas juga sering disebut dengan sistem sosial dalam suatu masyarakat yang berbudaya.

Sistem sosial kebudayaan menunjukkan bagaimana manusia dalam suatu kebudayaan saling berinteraksi, berperilaku dalam kehidupan sehari-hari, dan aktivitas-aktivitas manusia lainnya. Contohnya adalah upacara adat, tari tradisional, dan kebiasaan.

Wujud kebudayaan sebagai artefak (karya)

Abidin, Yusuf Zaenal, dan Beni Ahmad Saebani dalam buku Pengantar Sistem Sosial Budaya di Indonesia (2014) menyebutkan wujud kebudayaan sebagai artefak atau karya sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan.

Hal tersebut karena artefak merupakan bentuk fisik kebudayaan manusia yang bisa dilihat, diraba, juga didokumentasikan.

Baca juga: Kebudayaan Nasional: Definisi dan Bentuknya

Wujud kebudayaan sebagai artefak adalah segala sesuayi benda fisik yang dihasilkan dari aktivitas manusia, sehingga sering juga disebut dengan kebudayaan fisik.

Contoh wujud kebudayaan sebagai artefak adalah prasasti, naskah kuno, candi, patung, alat musik daerah, ornamen dan ragam hias, senjata tradisional, juga benda-benda peninggalan sejarah lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com