Kompas.com - 28/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi bendera negara-negara di dunia freepik.com/jannoon028Ilustrasi bendera negara-negara di dunia

KOMPAS.com - Suatu negara tidak dapat berdiri sendiri dan akan selalu membutuhkan negara lain. Dalam menjalankan kegiatannya, suatu negara pasti menjalin hubungan atau kerja sama.

Menurut Fahruroji dalam buku Memahami Wacana Demokrasi pada Model Buku Teks (2020), tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri, sebaliknya negara-negara tersebut terlibat dalam hubungan yang sifatnya saling memengaruhi.

Hubungan saling memengaruhi ini dijalankan dalam berbagai bidang. Mulai dari politik hingga bidang pendidikan. Mayoritas hubungan tersebut sifatnya kerja sama, dan menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam buku Pola Kerja Sama Internasional Pemerintah Daerah di Jawa Timur (2019) karya Dian Mutmainah dan kawan-kawan, disebutkan bahwa alasan suatu negara tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan negara lain adalah karena keterbatasan yang dimiliki.

Keterbatasan tersebut bisa berupa sumber daya alam, teknologi, sarana dan prasarana, transportasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tujuan dan Bentuk Kerja Sama ASEAN Bidang Ekonomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas dasar keterbatasan inilah negara di dunia menjalin kerja sama dan hubungan yang sifatnya saling memengaruhi serta bergantung. Apakah mungkin suatu negara dapat berdiri sendiri dan tidak membutuhkan negara lain? Lalu apa dampaknya?

Mungkinkah negara tidak membutuhkan negara lain?

Suatu negara tidak dapat berdiri sendiri dan akan selalu membutuhkan negara lain. Karena setiap negara memiliki kelebihan dan keterbatasannya masing-masing.

Dua hal inilah yang menjadi dasar mengapa hubungan antar negara sifatnya saling membutuhkan dan memengaruhi.

Sebagai contoh negara Singapura. Negara ini dikenal memiliki wilayah sempit dan mempunyai keterbatasan sumber daya alam tambang.

Agar bisa memenuhi kebutuhannya, Singapura menjalin kerja sama dan mengimpor sumber daya alam tambang dari negara tetangga.

Contoh lainnya Indonesia menjalin kerja sama dengan negara yang mempunyai teknologi maju. Kerja sama ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam bidang teknologi.

Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Dampak yang dihasilkan sifatnya bisa positif dan negatif. Dikatakan positif karena suatu negara bisa memenuhi kebutuhan dan mengurangi keterbatasan yang dimiliki negara tersebut. Sehingga kegiatan dalam negeri bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sedangkan dampak negatifnya adalah suatu negara bisa menjadi selalu bergantung pada negara lainnya. Dikhawatirkan hal ini dapat memengaruhi kehidupan suatu negara beserta masyarakatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.