Kompas.com - 28/09/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi menyanyi dengan interval nada freepik.com/pch.vectorIlustrasi menyanyi dengan interval nada

KOMPAS.com – Musik terdiri dari rangkaian nada yang dipisahkan oleh interval nada. Ovan Bagus Jatmika dalam buku berjudul Teori Musik I Musik Tonal (2016) menyebutkan bahwa interval adalah ukuran jarak pitch (tinggi atau rendahnya suatu nada) di antara dua nada.

Latifah Kodijat dalam buku berjudul Istilah-Istilah Musik (1983) menyebutkan interval berasal dari bahasa Italia intervallo yang berarti antar nada, jarak antar nada, dan juga dwinada. Sehingga interval dapat diartikan sebagai jarak antara dua nada.

Interval nada memiliki beberapa nama sesuai dengan jenisnya. Moh. Muttaqin dan Kustap dalam buku Musik Klasik: Pengantar Musikologi untuk SMK (2008) menyebutkan bahwa interval nada diberi nama berdasarkan jumlah hitungan nada yang bersangkutan.

Jenis-jenis interval nada

Ada delapan jenis interval nada dalam tangga yang dinamai dengan prime, second, terts, kuart, kwint, sekst, septim, dan oktaf. Berikut penjelasannya:

  • Prime

Prime adalah interval nada atau jarak antar nada dengan pitch yang sama. Interval nada prime sering disebut dengan unison atau first.

Contoh interval nada prime adalah jarak antara C ke nada C lagi. Prime memiliki kesan yang kompak dan polos, juga senada jika dibunyikan dua alat musik yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Contoh Lagu Daerah dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

  • Second

Second adalah interval nada antara satu nada dan nada lainnya dengan pitch satu tingkat di atasnya. Atau dapat disebut second adalah interval dari nada ke sau ke nada ke dua. Misalnya dari nada C ke nada D. interval nada second memiliki kesan bunyi seperti melangkah.

  • Terts

Interval dari nada ke satu ke nada ke tiga disebut dengan terts. Contoh interval terts adalah nada C ke nada E (terts besar) yang memberikan lompatan melodi dengan kesan yang cerah dan nada C ke nada Eb (terts kecil) yang memberikan lompatan melodi dengan kesan yang sempit, gelap, juga sedih.

  • Kuart

Kuart adalah jarak antar nada ke satu dengan nada ke empat. Contoh interval kuart adalah nada C ke nada F yang memberikan kesan bunyi yang selaras.

  • Kwint

Interval kwint adalah jarak nada ke satu dengan nada ke lima. Interval kwint juga dapat disebut tersusun dari dua interval terts. Contoh interval kwint adalah nada C ke nada G dengan kesan yang selaras.

  • Sekst

Interval sekst adalah jarak nada ke satu dengan nada ke enam. Contoh interval sekst adalah jarak nada C ke nada A dengan kesan selaras yang kuat dan meyakinkan. Interval sekst besar menambahkan kesan gembira, sedangkan interval seks kecil menambahkan rasa sedih.

Baca juga: Contoh Lagu Nasional dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

  • Septim

Interval septim adalah jarak nada ke satu dengan nada ke tujuh. Misalnya jarak antara nada C ke nada B yang memberikan kesan ketegangan dan keterlaluan, sehingga membuatnya menjadi interval yang kurang enak ketika dinyanyikan.

  • Oktaf

Interval oktaf adalah jarak antara nada ke satu dengan nada ke delapan. Contoh interval oktaf adalah jarak antara nada C ke C’ yang memberikan kesan selaras, meyakinkan, megah, dan agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.