Kompas.com - 27/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi ornamentasi lagu freepik.com/ KamranAydinovIlustrasi ornamentasi lagu

KOMPAS.comOrnamentasi lagu dilakukan supaya lagu yang dinyanyikan terdengar lebih indah dan menarik. Dalam seni musik, ornamentasi dapat diterapkan dengan memainkan atau mengubah nada pada irama, melodi atau ritmis.

Apa itu ornamentasi lagu?

Pengertian ornamentasi lagu

Zamrud Whidas Pratama, dkk dalam jurnal Ornamentasi Vokal pada Tarsul Kutai Kartanegara (2021) menjelaskan bahwa ornamentasi adalah hiasan untuk memperindah melodi dalam sebuah lagu.

Dilansir dari situs Encyclopaedia Britannica, ornamentasi juga bisa diartikan sebagai hiasan melodi yang dilakukan dengan menambah nada atau memodifikasi ritme lagu. Hiasan ini ditambahkan agar lagu yang dinyanyikan semakin indah, menjiwai, dan menarik.

Teknik pengembangan ornamentasi lagu

Tiap musik mempunyai gaya ornamentasi lagu yang berbeda. Sebagai contoh gaya ornamentasi lagu Eropa berbeda dengan ornamentasi lagu Indonesia atau negara lainnya.

Secara garis besar, ada lima teknik pengembangan ornamentasi lagu, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Teknik melisma

Menurut Martarosa dalam jurnal Apropriasi Musikal dan Estetika Musik Gamat (2016), melisma adalah teknik pengembangan ornamentasi lagu yang diterapkan dengan menyanyikan sejumlah atau sekelompok nada dalam satu suku kata.

Sebagai contoh, teknik pengembangan ornamentasi lagu yang biasa dipakai oleh penyanyi bergaya R&B adalah teknik melisma. Karena teknik ini dapat menyanyikan satu suku kata dengan memakai sejumlah nada.

Baca juga: Contoh Lagu Daerah dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

  • Teknik tremolo

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tremolo adalah teknik pengembangan ornamentasi lagu yang menghasilkan getaran vokal lebih rapat. Biasanya teknik tremolo digunakan oleh penyanyi seriosa.

  • Teknik vibrato

Adalah teknik pengembangan ornamentasi lagu yang menghasilkan efek getaran suara teratur. Biasanya diterapkan untuk menambah ekspresi musik vokal dan instrumental. Teknik vibrato umumnya digunakan oleh penyanyi beraliran pop.

  • Teknik echo

Umumnya teknik echo digunakan oleh penyanyi yang kurang mampu menggunakan teknik vibrato atau tremolo. Echo adalah teknik pengembangan ornamenatsi lagu yang dilakukan dengan bernyanyi secara mendesah.

  • Teknik falseto

Sering disebut juga suara palsu. Falseto adalah teknik pengembangan ornamentasi lagu yang diterapkan untuk mencapai nada tinggi. Umumnya digunakan penyanyi pria untuk mencapai nada tinggi.

 Baca juga: Contoh Lagu Nasional dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.