Kompas.com - 28/09/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi mendengarkan radio dan dampaknya bagi ekonomi freepik.com/ drobotdeanIlustrasi mendengarkan radio dan dampaknya bagi ekonomi
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.com – Radio adalah salah satu alat komunikasi yang bisa menghubungkan banyak manusia. Dilansir dari The Nobel Prize, Guglielmo Marconi pada tahun 1985 menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal dalam jarak beberapa kilometer.

Sejak saat itulah radio tanpa kabel ditemukan dan banyak berdampak pada bidang kehidupan manusia, salah satunya ekonomi. Apa saja manfaat radio dalam bidang ekonomi?

Manfaat radio

Berikut adalah manfaat radio dalam bidang ekonomi, yaitu:

  • Sarana promosi atau iklan

Radio merupakan media massa yang didengarkan oleh banyak orang. Sehingga, radio merupakan media yang cocok untuk promosi atau iklan suatu porduk.

Dikutip dari Oxford Economics, iklan di radio memberikan nilai signifikan bagi perusahaan dan mendukung sebagian besar kegiatan ekonomi.

Baca juga: Apa Manfaat Komputer bagi Kehidupan Masyarakat?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh yang paling signifikan adalah penjualan musik. Radio berpengaruh besar pada penjualan musik dengan menyiarkan musik tersebut di salurannya. Selain musik, berbagai produk juga jasa juga dapat dipromosikan melalui radio.

Promosi melalui radio dinilai menguntungkan karena tidak perlu menemui calon pembeli secara langsung, dan menghemabt biasa juga sumber daya karena penyiarannya memiliki jangkauan yang luas.

  • Sarana informasi produk

Melalui radio, masyarakat bisa mendapatkan informasi suatu produk maupun jasatanpa harus melihat atau menyentuhnya secara langsung. Radio memberikan informasi yang mendetail terhadap suatu produk, dalam gaya bahasa yang mudah dipahami dan dicerna.

Dengan adanya radio, calon pembeli tidak perlu susah-susah pergi ke tempat jauh untuk mendapat informasi dari suatu barang. Dengan radio, mereka bisa mendapatkan informasi walaupun hanya diam di dalam rumah.

  • Membantu nelayan dalam mencari ikan

Radio bermanfaat untuk membantu nelayan dalam pelayarannya mencari ikan. Dilansir dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, pemanfaatan radio maritim bisa melindungi para nelayan dari terjadinya bencana saat tengah melaut mencari ikan.

Dengan adanya radio, nelayan dapat mencari ikan lebih aman. Radio bisa memberitahukan kemungkinan bencana atau bahaya yang terjadi. Sehingga, kapten nelayan dapat mengambil keputusan untuk menghindari bencana tersebut.

Baca juga: Apa Manfaat Jam dalam Kehidupan Sehari-hari?

  • Membuka lapangan pekerjaan

Menurut UNESCO, radio adalah salah satu cara paling andal dan terjangkau untuk mengakses dan berbagi informasi dengan sekitar 44.000 stasiun di seluruh dunia. Jumlah stasiun radio yang sangat banyak tersebut tentu membuka lapangan pekerjaan yang luas.

Radio membutuhkan penyiar radio, produser, penata musik, teknisi, pegawai administrasi, pegawai pemasaran, hingga pegawai keuangan dan pajak. Radio membuka banyak lapangan pekerjaan yang turut serta mengurangi pengangguran juga meningkatkan pendapatan masyarakat.

Selain pekerjaan yang langsung berhubungan dengan radio, ada juga pekerjaan yang tidak langsung berhubungan dengan radio. Contohnya adalah GPS atau sistem penentuan posisi global yang menggunakan gelombang radio untuk mendapatkan koordinat posisi.

Dewasa ini GPS digunakan dalam perusahaan ekspedisi, transportasi online, dan juga pemesanan makanan secara daring.

Di mana ketiga perusahaan tersebut merekrut karyawan dalam jumlah besar. Sehingga secara tidak langsung, radio menggerakan roda perekonomian suatu bangsa.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.