Kompas.com - 28/09/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi dampak penemuan telepon freepik.com/ DCStudioIlustrasi dampak penemuan telepon

KOMPAS.com – Telepon merupakan salah satu alat komunikasi yang memungkinkan komunikasi antar dua orang yang sedang berjauhan. Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876.

Sejak penemuannya, telepon berdampak pada berbagai bidang kehidupan termasuk ekonomi. Lalu apakah dampak penemuan telepon di bidang ekonomi?

Dampak penemuan telepon

Beberapa dampak penemuan telepon di bidang ekonomi dapat Kamu simak di bawah ini:

  • Memperluas kegiatan ekonomi

Dilansir dari Techwalla, perkembangan telepon memperluas operasi kegiatan ekonomi dan memungkinkan perdagangan hingga ke daerah atau negara lain. Dengan adanya telepon, suatu perusahaan dapat melakukan perdagangan ke luar daerah hingga ke luar negeri.

Sehingga cakupan kegiatan ekonominya menjadi luas, mendapat lebih banyak konsumen, dan tentunya mengembangkan bisnis. Dengan adanya telepon, kita bisa menjual ataupun membeli barang dari luar negeri tanpa harus datang langsung ke tempatnya.

Baca juga: Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang IPTEK

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Memudahkan informasi dari produsen ke konsumen

Andrew Peter dalam jurnal berjudul The Role of The Telephone in Economic Development (1980) menyebutkan sebagai media komunikasi, telepon menyediakan sarana untun mentransfer informasi dari sumber ke penerima.

Sehingga telepon memudahkan penyempaian informasi suatu barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan telepon, produsen dapat mempromosikan produknya ke konsumen tanpa harus bertemu langsung.

Konsumen juga bisa mendapatkan informasi yang diperlukan melalui telepon dengan produsen. Hal tersebut jelas memudahkan kegiatan jual-beli dan pemasaran.

  • Membuka lapangan pekerjaan

Penemuan telepon membuka lapangan pekerjaan. Telepon banyak diminati, sehingga produksinya membutuhkan banyak tenaga kerja. Telepon selular bahkan membuka lebih banyak lagi pekerjaan terutama di bidang aplikasi telepon selular.

Dikutip dari The University of Scranton, aplikasi telepon selular menciptakan sekitar lima ratus ribu lapangan pekerjaan. Sehingga penemuan telepon dapat mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan per kapita masyarakat.

Selain di industri pembuatan telepon dan aplikasi telepon, telepon juga membuka lapangan pekerjaan di industri suku cadang telepon, pemasaran telepon, provider (kartu telepon selular), servis telepon, dan sebagainya.

Baca juga: Dampak Perkembangan Komputer

  • Memudahkan pengiriman barang

Penemuan telepon juga mempermudah pengiriman barang. Barang yang diperjualbelikan bisa dikirim melalui ekspedisi pengiriman. Perjalanan barang dengan mudah bisa dicek melalui telepon, sehingga keamanan pengiriman barang juga terjamin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.